parenting

Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Anak

Asri Ediyati Jumat, 09 Aug 2019 16:36 WIB
Cara Mengatasi Batuk Berdahak pada Anak
Jakarta - Saat anak mengalami batuk berdahak, mendengarnya batuk saja rasanya tak tega. Beberapa dari orang tua bahkan spontan meminta anaknya untuk mengeluarkan lendir ketika batuknya berbunyi 'grok grok'. Namun, jika si kecil tak bisa mengeluarkan lendir saat batuk jangan khawatir.

Menurut dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, begitu anak mengalami berdahak, anak bisa mengeluarkan lendir dengan dua cara kalau enggak batuk ya muntah. Makanya Bun, Edi menyarankan begitu anak-anak batuk berdahak, kita perlu berikan obat batuk golongan ekspetoran.

"Nah, ekspektoran itu sifatnya mengencerkan dahak. Jika anak batuk berdahak itu perlu batuk bukan ditekan batuknya. Saat ini golongan ekspetoran, mereknya macam-macam," kata Edi kepada HaiBunda.


Disebutkan Edi, sebetulnya ekspektoran itu bukan obat yang meredakan batuk, melainkan mengencerkan dahak. "Dengan harapan dahaknya encer, jadi begitu batuk atau muntah dahaknya mudah dikeluarkan," sambungnya.

Edi selalu mewanti-wanti agar tidak terbalik kasih obat batuk, risikonya kalau terbalik itu berbahaya. Kalau obat batuk berdahak itu kita membutuhkan batuk. Jika lendirnya enggak dikeluarkan, anak bisa jadi sesak napas.
ilustrasi anak batuk/ ilustrasi anak batuk/ / Foto: Istock
Selain ekspektoran, Bunda bisa mengatasi batuk berdahak pada anak dengan beberapa home remedy. Dikutip dari Healthline, jika udara di rumah kering, Bunda bisa gunakan humidifier. Alat ini bisa membantu anak menghindari menghirup udara kering. Ini sangat membantu di malam hari, ketika tenggorokan mengering secara alami.

Tenggorokan kering lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Dahak di saluran pernapasan menjadi lebih tipis dan lebih mudah untuk keluar dari paru-paru. Selain pakai humidifier, Bunda bisa menggunakan madu lebah alami, sebuah uji klinis kecil, menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan mendorong tidur nyenyak pada anak-anak.

Kemudian yang tak kalah penting adalah konsumsi vitamin C, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu membantu anak melawan infeksi virus penyebab batuk lebih cepat. Cobalah minta anak makan jeruk atau minum jus jeruk segar (bukan bubuk instan diseduh) dua kali sehari sampai gejala membaik.

Simak juga cara untuk meredakan flu pada anak.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi