parenting

Cara Meredakan Batuk Kering pada Anak

Asri Ediyati Kamis, 08 Aug 2019 16:29 WIB
Cara Meredakan Batuk Kering pada Anak
Jakarta - Batuk kering seringkali mengganggu aktivitas. Terlebih jika dialami si kecil, mereka bisa rewel jika terus-menerus batuk. Bicara soal batuk kering, HaiBunda berbincang pada dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA. Menurutnya batuk kering bisa diredakan dengan obat golongan antitusif.

"Sifat obat batuk kering itu menghentikan batuk yaitu golongan antitusif. Makanya di pasaran itu cuma ada dua golongan, antitusif sama golongan ekspektoran (untuk batuk berdahak)," ujarnya.


Antitusif itu bersifat menghentikan batuk, jadi jangan terbalik, Bun. Jika Bunda memberikan ekspektoran yang bersifat melancarkan batuk, malah berakibat fatal, anak terus-menerus batuk.


Nah, perlu Bunda ingat juga bahwa batuk itu bukan penyakit, melainkan gejala sebuah penyakit. Kata Edi, sebenarnya antitusive itu hanya untuk meredakan gejala penyakit anak-anak berupa batuk kering.

Jika anak masih mengalami batuk, coba segera periksakan ke dokter untuk tahu penyakit yang dialami anak. Hal ini karena radang paru saja juga memiliki gejala batuk kering, lho.
ilustrasi anak batuk/ ilustrasi anak batuk/ / Foto: iStock

Sementara itu selain obat batuk antitusif, Bunda bisa membuat home remedy untuk batuk kering. Bunda bisa membuat teh madu, cara membuatnya dua sendok teh madu dicampur dengan teh dan irisan lemon. Minum teh madu sekali sampai dua kali per hari. Catatan, jangan berikan madu kepada anak di bawah 1 tahun.

Dikutip dari Medical News Today, menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi tentang perawatan untuk batuk malam hari pada anak-anak membandingkan madu gelap dengan obat dekstrometorfan penekan batuk dan tanpa pengobatan.

Para peneliti melaporkan bahwa madu memberikan kelegaan paling signifikan dari batuk, diikuti oleh dextrometorfan. Jahe juga dapat meredakan batuk kering, karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Satu studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Para peneliti terutama mempelajari efek jahe pada sel manusia dan hewan, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

Seduh teh dengan menambahkan 20-40 gram irisan jahe segar ke dalam cangkir. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk menambah rasa nikmat dan menenangkan batuk.

Simak juga obat tradisional atasi batuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi