parenting

Bunda Perlu Tahu, Batuk Kering atau Berdahak Tergantung Penyakitnya

Asri Ediyati Kamis, 08 Aug 2019 14:03 WIB
Bunda Perlu Tahu, Batuk Kering atau Berdahak Tergantung Penyakitnya
Jakarta - Jika si kecil mengalami batuk, umumnya kita identifikasi dahulu apakah batuknya kering atau berdahak. Namun, sebelum itu, kita jangan salah kaprah dengan yang namanya batuk ini, Bun. Menurut dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, batuk itu bukan penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit.

"Batuk itu bukan penyakit tapi gejala yang penyakitnya adalah radang paru, bisa asma, TBC. Itu yang mesti kita bedakan, makanya kalau kita lihat daftar penyakit itu enggak ada tuh penyakit batuk," ujar Edi kepada HaiBunda.

Batuk kering juga bisa menjadi gejala dari radang paru. Kering atau enggaknya tergantung terbentuknya lendir, Bun. Kalau kering berarti tidak berlendir, kalau berdahak itu berlendir.


Kenapa bisa berlendir? Edi memberi contoh saat anak mengalami asma. Lendir diproduksi karena saluran napas menyempit akibat terpapar oleh penyebabnya. Alhasil otot saluran pernapasan mengalami kontraksi dan lendirnya terbentuk.

"Lendir itu akhirnya menyebabkan batuk berdahak. Begitu berdahak, kalau pada anak ada dua cara untuk mengeluarkannya, kalau enggak batuk ya muntah," kata Edi.
Ilustrasi anak sakit/ Ilustrasi anak sakit/ / Foto: iStock
Edi menyebutkan, batuk kering atau berdahak itu tergantung penyakitnya. Akan tetapi buat awam seperti kita, perlu tahu cara menangani gejalanya.

"Kalau seandainya batuknya gejala dari radang paru ya dirawat, kalau asma ya dihindari penyebabnya. Misalnya Kalau TBC harus dikasih obat khusus TBC. Jadi pengobatan batuk itu disesuaikan dengan penyakitnya. Cuma di masyarakat itu yang sering dibilang batuk pilek itu adalah common cold," ujarnya.

Kata Edi, batuk pilek yang umum dialami di masyarakat itu bisa beli sendiri obatnya, dan kita bisa mengatasi batuk itu sendiri. Namun, seandainya si kecil mengalami radang paru, Bunda perlu bawa anak ke dokter dan diberi antiobiotik yang disuntik. Sementara itu jika asmanya berat perlu dilakukan inhalasi.

Simak juga video cara membuat obat rumahan untuk atasi batuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi