parenting

Tips Atasi Hidung Tersumbat akibat Pilek pada Anak

Asri Ediyati Minggu, 11 Aug 2019 12:32 WIB
Tips Atasi Hidung Tersumbat akibat Pilek pada Anak
Jakarta - Pilek pada dasarnya suatu mekanisme pertahanan tubuh anak-anak selama mereka belum memiliki fungsi bulu hidung yang belum optimal. Hal ini disampaikan oleh dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA. Menurutnya, orang tua terkadang melihat anaknya meler saja dibilang pilek.

"Kalau di Indonesia, anak meler disebut anak ingusan, karena mereka belum punya bulu hidung yang berfungsi dengan optimal, bulu hidung kan menyaring udara, kalau belum punya bulu hidung menyaring kotorannya dengan secara sederhana tersedialah selaput lendir. Begitu ditangkap udaranya, kotorannya yang ada di udara akan dibuang melalui lendir," katanya kepada HaiBunda.

Kata Edi, pilek yang kita obati atau tangani adalah pilek yang bikin hidung tersumbat. Sebelum menangani atau memberi obat, orang tua perlu memastikan anaknya sudah bisa buang ingus atau belum.


"Kalau belum bisa buang ingus jangan pernah kasih obat pilek yang diminum. Kalau obat pilek yang diminum itu sifatnya mengentalkan ingusnya, sementara yang belum buang ingus, hidung mampet dikentalkan pula dengan obat, makin menderita dia," ujar Edi yang berpraktik di RS Kanker Dharmais, Jakarta Barat.

ilustrasi anak sakit/ ilustrasi anak sakit/ / Foto: iStock
Untuk itu, jika anak Bunda belum bisa buang ingus, cukup diberikan obat tetes hidung yang isinya NaCl 0,9 persen. NaCl adalah garam fisiologis alias larutan garam biasa. Untuk dosisnya, Edi bilang karena hanya larutan garam biasa, sehari diberikan berapa kali enggak masalah.

"Kalau seandainya anak sudah bisa buang ingus terserah deh kasih obat pilek merek apa pun silakan saja," tuturnya.

Jangan lupa, jika memang ingin diberikan obat pilek, ikuti saran petunjuk dan dosis pemakaiannya ya, Bun.

Simak manfaat biji selasih sebagai bahan alami penyembuh batuk pilek, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi