parenting

Pelajaran untuk Anak: Kerendahan Hati GKR Bendara Mau Naik Becak

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 08 Sep 2019 12:00 WIB
Pelajaran untuk Anak: Kerendahan Hati GKR Bendara Mau Naik Becak
Jakarta - Putri bangsawan, termasuk di Indonesia identik dengan selalu dilayani. Tapi, perilaku rendah hati ditunjukkan putri Sri Sultan Hamengkubuwono X, GRA Nurastuti Wijareni atau akrab dikenal GKR Bendara. Baru-baru ini, beredar foto GKR Bendara naik becak.

Dilansir InsertLive, kejadian GKR Bendara naik becak ini diabadikan oleh salah seorang netizen yang kebetulan menyaksikannya.


GKR Bendara terlihat santai saat menjadikan becak sebagai alat transportasi. Pada rekaman itu terlihat GKR Bendara saat menaiki becak. Dia mengenakan baju biru, celana panjang abu-abu, tas hijau, dan flat shoes putih.


Kantong plastik terlihat ada di tangannya. Tak lama kemudian, GKR Bendara menghampiri pengemudi becak dan memberi tahu arah tujuannya. Apa yang dilakukan GKR Bendara menuai banyak komentar positif.

"D'real princess yg ga sok nginces," kata salah satu netizen. Sementara itu, netizen lain membenarkan jika GKR Bendara adalah orang yang amat rendah hati.

"Katanya lebih nyaman dipanggil mbak saja kalau diluar keraton.. Pernah diwawancara sama Tompi dan Glenn," ujar netizen tersebut.

Dari apa yang dilakukan GKR Bendara, ada satu nilai yang bisa kita contohkan ke anak, Bun, yakni nilai rendah hati. Kata psikolog klinis Dr.John Duffy, rendah hati bisa membuat seseorang jadi pribadi yang baik.

"Orang yang rendah hati kerap memikirkan bagaimana perasaan dan kebutuhan orang lain. Rendah hati dan kepercayaan diri saling terkait. Ketika anak percaya diri tanpa adanya rendah hati, mereka bisa jadi sosok arogan," ujar Duffy, dilansir Fatherly.

Ada lima hal yang bisa dilakukan orang tua agar anak bersikap rendah hati, seperti disampaikan Duffy:

GKR BendaraGKR Bendara/ Foto: (Beawiharta/Reuters)
1. Beri contoh pada anak bagaimana bersikap rendah hati pada orang lain.
2. Ajak anak untuk membantu orang lain.
3. Membacakan cerita anak tentang sosok yang rendah hati dan nilai positifnya.
4. Jangan gurui anak. Artinya, ajak anak berdiskusi soal sikap rendah hati.
5. Ajak anak melihat peristiwa sesuatu yang terjadi di sekitar kemudian pancing obrolan dengannya terkait nilai rendah hati.

Bunda, coba yuk lakukan eksperimen seru tanpa gadget bareng si kecil seperti di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi