parenting

Gen Calon Ayah Turut Tentukan Jenis Kelamin Bayi Lho

Melly Febrida Selasa, 10 Sep 2019 11:59 WIB
Gen Calon Ayah Turut Tentukan Jenis Kelamin Bayi Lho
Jakarta - Memang, sperma yang membawa kromosom X dan Y menentukan jenis kelamin bayi ketika terjadi pembuahan. Lebih jauh, rupanya gen si calon ayah juga berpengaruh, Bun.

Namun, sebuah penelitian mengungkapkan suamilah yang mewarisi kecenderungan pasangan bakal memiliki lebih banyak anak laki-laki atau perempuan. Dalam studinya, ilmuwan di Newcastle University, Corry Gellatly, menunjukkan pria mewarisi kecenderungan untuk memiliki lebih banyak anak laki-laki atau lebih banyak anak perempuan dari orang tua mereka.

Ini berarti pria dengan banyak saudara laki-laki cenderung memiliki anak laki-laki. Sedangkan, pria dengan banyak saudara perempuan lebih cenderung memiliki anak perempuan. Penelitian ini melibatkan studi 927 pohon keluarga yang berisi informasi tentang 556.387 orang dari Amerika Utara dan Eropa


"Studi pohon keluarga menunjukkan hubungan gen dengan keturunan seseorang. Ini terjadi pada pria tapi tidak pada wanita," kata Gellatly mengutip Science Daily.

Jenis kelamin bayi tergantung pada apakah sperma membawa kromosom X atau Y. Jika kromosom X yang dibawa sperma, ibu hamil anak perempuan. Sedangkan, saat sperma membawa kromosom Y, ibu hamil anak laki-laki.

Pada skala yang lebih besar, jumlah pria dengan sperma X lebih banyak dibanding pria dengan lebih banyak sperma Y. Alhasil rasio jenis kelamin anak-anak yang lahir setiap tahun terpengaruh.

"Gen yang diturunkan dari orang tua yang menyebabkan beberapa pria memiliki lebih banyak anak laki-laki dan beberapa memiliki lebih banyak anak perempuan, dapat menjelaskan mengapa kita melihat jumlah pria dan wanita secara kasar seimbang dalam suatu populasi," kata Gellatly.

Beberapa waktu lalu, dr.Frizar Irmansyah, Sp.OG mengatakan salah satu hal yang juga memengaruhi jenis kelamin adalah waktu bercinta. Saat ovulasi (masa subur), sperma Y yang kecil dan lincah akan lebih cepat sampai dan membuahi sel telur.

Ilustrasi jenis kelamin bayiIlustrasi jenis kelamin bayi/ Foto: Dhani Irawan/detikcom
"Sedangkan sperma X lebih cepat mati. Karena itu, ketika suami istri berhubungan seksual tepat pada masa ovulasi, bayi yang dikandunga cenderung berjenis kelamin laki-laki," kata Frizar mengutip detikcom.

Bun, ketahui prosedur bayi tabung sebagai upaya memiliki momongan di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi