parenting

Ucapan Orang Tua pada Anak yang Sebaiknya Diulang Terus-menerus

Maya Sofia Selasa, 10 Sep 2019 16:03 WIB
Ucapan Orang Tua pada Anak yang Sebaiknya Diulang Terus-menerus
Jakarta - Anak cenderung belajar dengan cara melihat dan mendengar ucapan orang tua. Itulah sebabnya sebagai orang tua, kita harus lebih berhati-hati dengan pemilihan kata yang diucapkan kepada anak.

Bunda perlu tahu bahwa ucapan orang tua memiliki pengaruh yang kuat dan bahkan tertanam dalam pikiran anak hingga ia dewasa. Di sinilah peran orang tua sangat penting.


Ketika anak-anak masih kecil, Bunda dan Ayah punya kesempatan menggunakan kata-kata yang bisa membantu mereka menjadi individu yang baik dan bijaksana. Tak hanya berguna bagi diri anak sendiri, tetapi juga ketika mereka memiliki teman sebaya atau bertemu orang asing kelak.


Mengutip Motherly, pemilihan kata-kata yang tepat ini tentu saja cukup menantang bagi kita sebagai orang tua. Sebagai contoh, terkadang kita bingung bagaimana merespons perilaku anak yang mencoret-coret dinding dengan krayon, atau ketika anak terus bertanya kenapa ia tidak diizinkan bermain di luar.

Namun sebenarnya, ada beberapa ucapan orang tua sederhana yang memiliki manfaat besar bagi anak dan kerap terlupakan. Berikut daftarnya dikutip dari Fatherly.

Ucapan Orang Tua kepada Anak yang Sebaiknya Diulang Terus-menerusIlustrasi ucapan orang tua. (Foto: iStock)
1. Bunda sayang kamu, nak

Kalimat "I love you" atau "Bunda sayang kamu" memang terdengar sederhana. Namun, faktanya masih ada orang tua ragu melontarkan ucapan semacam ini kepada anak. Mereka menganggap bahwa rasa sayang lebih baik ditunjukkan lewat tindakan, bukan kata-kata.

Padahal ucapan orang tua seperti "Bunda sayang kamu" seharusnya lebih sering diucapkan kepada anak. Bunda bisa mengatakan ini ketika anak berangkat dan pulang sekolah dan bahkan ketika anak menangis atau tertawa.

2. Tolong

Tahukah Bunda kalau kata "Tolong" sebenarnya dapat meningkatkan rasa hormat anak kepada orang tua. Hal ini karena anak sendiri merasa dihargai. Secara otomatis, dengan meningkatnya rasa hormat kepada orang tua, anak akan lebih patuh.

Jika Bunda dan Ayah ingin anak tumbuh menjadi orang yang sopan, maka tak ada salahnya kita lebih sering menggunakan kata "Tolong".

3. Terima kasih

Hal yang sama juga berlaku ketika orang tua lebih banyak mengucapkan "Terima kasih" pada anak. Anak yang merasa dihargai akan menghargai balik.

4. Bunda minta maaf

Kata "Maaf" mungkin paling sulit diucapkan orang tua karena alasan gengsi. Padahal ucapan "Maaf" bisa mengajarkan anak untuk lebih berempati lho.

Saat ucapan orang tua seperti "Maaf" terlontar, hal ini memperlihatkan bahwa Bunda dan Ayah memahami rasa sakit emosional atau fisik yang disebabkan oleh kita. Bagaimanapun juga, orang tua adalah contoh yang baik bagi anak ketimbang membujuk dan memaksa mereka meminta maaf jika melakukan kesalahan.

Bunda juga bisa simak tips mengatasi tantrum pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi