sign up SIGN UP search


parenting

Hati-hati, 15 Ucapan Orang Tua Ini Bisa Membuat Anak Terhina

Melly Febrida Jumat, 15 May 2020 14:10 WIB
Hati-hati, 15 Ucapan Orang Tua Ini Bisa Membuat Anak Terhina Ilustrasi ucapan orang tua yang bisa membuat anak terhina/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Bagaimana orang tua berbicara ke anak ternyata mempengaruhi cara anak melihat dirinya serta dunia. Itulah mengapa orang tua harus menjaga ucapannya di depan anak-anak, agar mereka merasa dicintai dan bukan jadi beban orang tuanya.

Psikolog klinis Melanie Greenberg mengatakan, kalau anak berbuat salah, yang perlu Bunda lakukan hanya menyoroti perilakunya, bukan sang anak. Ini memang enggak mudah, tapi tak ada salahnya jika Bunda mulai berlatih lebih hati-hati dalam pemilihan kata saat berbicara pada anak.

Penting juga bagi Bunda untuk menenangkan diri terlebih dahulu dan menarik napas, sebelum berkomunikasi dengan anak. Jangan sampai ucapan kita malah membuat anak merasa terhina, Bunda.


"Rasa malu dan penghinaan menyebabkan ketakutan pada anak-anak. Ketakutan ini tidak hilang ketika mereka dewasa. Hal tersebut menjadi rintangan dalam kehidupan emosional yang sehat dan sulit dihilangkan," kata terapis keluarga Karyl McBride, dilansir Smart Parenting.

Lalu, perkataan seperti apa yang sebaiknya tidak diucapkan orang tua kepada anak-anak? Berikut beberapa contoh, dikutip dari Parent24. Di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk cara Lenna Tan menjelaskan perceraian pada putranya. Dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi