sign up SIGN UP search


parenting

Mudah Diterapkan, Cara Membuat Anak Mau Pakai Baju Sendiri

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 15 Sep 2019 15:31 WIB
Pilih beberapa baju atau celana yang bahannya nyaman, Bun. Pastikan juga kalau itu baju favorit mereka ya! caption
Jakarta - Rasanya gemas ya, Bun, kalau lihat anak berpakaian terlalu lama dan berantakan. Rasanya ingin segera membantu merapikannya.

Eits, tapi tahan dulu! Biarkan saja mereka melatih kemandiriannya dalam berpakaian. Lama pun tidak apa-apa, termasuk berantakan saat menggunakan pakaiannya. Toh, lambat laun dengan seringnya berlatih, kemampuan anak berpakaian sendiri akan semakin baik.

"Bunda harus membiarkan anak-anak berjuang sedikit. Mereka tidak akan melakukan pekerjaan yang bagus pada pertama kalinya. Tetapi langkah-langkah kecil itu akan menjadi apa yang mereka butuhkan untuk naik ke tingkat berikutnya. Cukup diperlukan kesabaran," ujar Dr Shelly Vaziri Flais, dokter anak di Chicago, dikutip dari Fatherly.


Memang ya, Bun, membuat anak bisa berpakaian sendiri enggak mudah. Bunda harus sabar mendampingi mereka mandiri meski hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Mudah Diterapkan, Cara Membuat Anak Mau Pakai Baju SendiriCara membuat anak mau pakai baju sendiri/ Foto: iStock
Nah, bagi Bunda yang ingin melatih anaknya agar dapat berpakaian sendiri, ikuti tips berikut ini yuk, Bun, seperti dikutip dari laman Sleeping Should Beeasy:

Mulailah dengan celana elastis

Anak-anak akan lebih mudah tertarik melepas dari apa pun yang dikancingkan. Mulailah dengan celana longgar yang nyaman daripada celana jeans. Setelah anak terbiasa menarik celana ke atas dan ke bawah, perlihatkan padanya cara menggunakan kancing.

Minta anak duduk untuk memakai bawahan

Mengenakan celana panjang, celana dalam, kaus kaki, dan sepatu, bisa sangat sulit dalam posisi berdiri. Untuk itu, katakan pada anak untuk duduk baik di lantai atau di kursi untuk mengenakan atau melepas pakaian termasuk sepatu.

Minta anak pakai baju dari atas

Minta anak untuk mendorong lengannya ke lengan baju. Letakkan kemeja di atas kepalanya dan minta anak merentangkan lengannya ke lengan baju.

Dorong anak yang lebih besar mengancingkan baju sendiri

Setelah anak tahu cara menggunakan kancing, mintalah mereka untuk mengancingkan bajunya sendiri.

Simak juga yuk, tips dari Nirina Zubiar agar anak-anak mau bangun pagi dalam video berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi