sign up SIGN UP search


parenting

Gejala Alergi Kucing Seperti Dialami Anak Zaskia Adya Mecca

Radian Nyi Sukmasari   |   Haibunda Jumat, 20 Sep 2019 08:34 WIB
Putri Zaskia Adya Mecca, Kana Sybilla Bramantyo mengalami alergi kucing. Yuk kenali gejalanya, Bun. caption
Jakarta - Binatang seperti kucing bisa memicu alergi pada anak. Seperti yang dialami putri sulung Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo, Kana Sybilla Bramantyo (8) atau Sybil.

Di video yang diunggah Zaskia, bibir atas si sulung Sybil membengkak, Bun. Apalagi ketika Zaskia meminta Sybil menghadap samping, bengkak di bibir atasnya kelihatan banget. Zaskia bercerita Sybil pernah tes darah dan hasilnya dia alergi kucing tingkat 5. Sejak itu, Sybil selalu menghindari kucing.

"Karena takut alergi bikin dia sesak napas dan kumat asma. Sampai hari ini, ada teman sekelasnya bday dan bikin playdate ke Cat Cafe. Sybil sehari sebelumnya sudah aku jelasin, 'jangan ikut ya, kamu enggak bisa karena alergi'," kata Zaskia Mecca.

Tapi yang terjadi, Sybil malah ngambek, nangis dan cranky, Bun. Akhirnya, Sybil janji enggak akan menyentuh kucing, main-main, dan pakai masker. Janji Sybil pun disetujui sang ayah, Hanung. Akhirnya, Sybil diizinkan berangkat meski Zaskia sempat deg-degan.

"Benar dong buat pertama kali akhirnya kita thau efek alergi kucing ke diri dia walaupun dia beneran behave enggak main sama kucing. Pulang-pulang bibir bengkak segede apaan tahu, mata bengep merah. Langsung kutelepon abi-nya dan video call. Sybil sudah panik takut dimarahi, sudah nangis saja," lanjut Zaskia.

[Gambas:Instagram]



Apa yang dilakukan Hanung? Dia justru tertawa dan bilang, "Syukurin. Udah dikasih tau kan kamu alergi, enggak bisa ke tempat kucing. Ngerti kan sekarang kenapa Abi Bia larang kamu? Biar tau sendiri kalau badannya enggak kuat". Sybil pun lega dan akhirnya kapok.

Enggak berhenti sampai di situ, Bun. Sybil juga mengeluh gatal dan enggak nyaman di seluruh badannya. Dari kejadian ini, Zaskia berpendapat kadang memang harus begini supaya anak paham kenapa orang tua melarang. Meski begitu, Zaskia berharap semoga enggak di semua hal Sybil harus merasa enggak enak lebih dulu baru tahu alasan orang tuanya melarang.

"Insya Allah enggak ya Sybil anak solehah," kata Zaskia. Bicara soal alergi kucing, ahli alergi dan imunologi Daniel More, MD, mengatakan alergi kucing umum terjadi. Sekitar 25 persen orang yang memiliki alergi mengalami alergi kucing ini, Bun.

Anak Zaskia Mecca alami alergi kucingAnak Zaskia Mecca alami alergi kucing/ Foto: (zaskiadyamecca/Instagram)
Alergi kucing bisa terjadi ketika seseorang kontak langsung dengan kucing atau medium seperti kain dan udara. Gejala alergi kucing yang bisa timbul langsung atau beberapa jam setelahnya antara lain bersin, mata merah dan gatal, hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, dan terengah-engah.

Meski jarang, More bilang pada beberapa kasus pembengkakan di wajah, tenggorokan, atau bagian tubuh lain bisa terjadi. Jika mengalami gejala itu plus sesak napas, segera cek ke dokter ya, Bun.

"Alergen alergi kucing bisa berupa protein yang diproduksi oleh kucing, termasuk Fel d 1, Fel d 4, dan albumin. Alergen ini memicu reaksi antibodi IgE yang dengan cepat mengaktifkan respons peradangan yang menghasilkan gejala alergi kucing," papar More melansir dari Very Well Health.



Untuk menghindari alergi kucing, kata More pastikan tidak melakukan kontak dengan kucing atau barang yang bersentuhan dengan kucing. Jika memang memelihara kucing, untuk mengurangi risiko alergi jaga selalu kebersihan kucing, sebisa mungkin jaga jarak dengan kucing, dan rajin vacuum karpet, sofa, atau kasur.

Memelihara kucing punya manfaat untuk keluarga lho. Simak penjelasannya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]


(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!