parenting

Pendidikan Seks: 4 Pertanyaan Sulit dari Anak & Jawabannya

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 03 Oct 2019 14:02 WIB
Pendidikan Seks: 4 Pertanyaan Sulit dari Anak & Jawabannya
Jakarta - Anak balita bisa menyampaikan pertanyaan terkait pendidikan seksual pada anak sejak dini yang bikin orang tua kesulitan. Ya, bingung bagaimana harus memberikan jawaban karena anak masih kecil.

Menurut psikolog anak dan remaja dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan, Adisti F Soegondo yang karib disapa Adis, saat anak tanya respons utama yang perlu dilakukan adalah jangan 'mematikan' pertanyaan anak dengan bilang, 'Tanya Ayah sana' atau 'Ini bukan urusan anak kecil'. Hal itu justru bikin rasa ingin tahu anak tidak terpupuk dan anak jadi malas tanya.

"Misal orang tua enggak tahu jawabannya, jujur aja kalau kita enggak tahu. Namun, sampaikan ke anak bahawa orang tuanya minta waktu untuk mencari jawabannya dan pastikan kita langsung kasih tahu anak begitu menemukan jawaban," tambah Adis.


Atau, bisa juga ajak anak mencari jawaban bersama-sama, Bun. Jawaban bisa dicari di ensiklopedia misalnya atau browsing internet. Adis berpesan, jangan lupa ajari anak mencari link berita terpercaya, bukan hoax.

Dikutip dari Mayo Clinic, ini dia 4 hal terkait seksualitas yang kerap disampaikan anak dan bikin orang tua kesulitan menjawab.

1. Kenapa bisa ada bayi di perut Bunda?

Jawaban: ayah dan bunda membuat bayi ada di perut Bunda dengan berdekatan lewat cara yang istimewa.

2. Gimana adik bayi bisa lahir?

Jawaban: dokter dan perawat membantu bayi yang sudah siap lahir. Kalau si kecil bertanya lebih detail, tambahkan saja jawaban,"Bunda mendorong bayi keluar dari vagina."

3. Kenapa enggak semua orang punya penis?

Jawaban: tubuh anak laki-laki dan perempuan dibuat berbeda oleh Tuhan

4. Kenapa ada rambut di area bawah?

ilustrasi pendidikan seksualilustrasi pendidikan seksual/ Foto: iStock
Jawaban: tubuh kita berubah seiring bertambahnya usia. Nah, kalau anak bertanya lebih detail, Bunda bisa menambahkan anak laki-laki akan punya rambut di dekat penisnya dan anak perempuan akan punya rambut kemaluan di dekat vaginanya.



Jika anak bertanya tentang fungsi rambut kemaluan, bisa dijawab bahwa itu berguna untuk mencegah bakteri masuk ke area genital.

Simak pesan menyentuh istri Ustaz Solmed, April Jasmine untuk ketiga anaknya di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi