sign up SIGN UP search


parenting

Cara Tepat Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Yuni Ayu Amida Kamis, 14 Nov 2019 14:10 WIB
Cara Tepat Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir caption
Jakarta - Biasanya setelah bayi dilahirkan, tali pusatnya tidak akan langsung puput atau lepas, Bunda. Itu sebabnya tali pusat yang masih menempel tersebut harus dirawat dengan baik.

Dalam tayangan dr.Oz Trans TV, dr.Boy Abidin, Sp.OG(K) menerangkan bahwa perawatan tali pusat harus benar-benar diperhatikan. Hal ini karena tali pusat merupakan pintu masuk kuman bagi bayi yang baru lahir.

"Kalau bayi baru lahir, normal atau caesar, tali pusat biasanya ditutup dengan larutan antiseptik kemudian kasa, selama 6 jam biasanya tidak boleh dimandikan atau segala macam, setelah 6 jam baru dimandikan," kata Boy.


Setelah dimandikan, pastikan bayi dilap kering, terutama bagian tali pusar juga harus benar-benar kering dan bersih. Kemudian tali pusar harus dibiarkan terbuka, Bunda.

"Tidak boleh dikasih bedak, tepung-tepungan, atau ramuan yang lain, karena ini akan berbahaya terjadi infeksi di sana," jelas Boy.

"Jadi gimana bayi dimandikan, dilap, dikasih sabun, usahakan tali pusar enggak boleh basah, dan kalau basah harus langsung dikeringkan," lanjutnya.

Cara Tepat Merawat Tali Pusar Bayi Baru LahirCara Tepat Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir /Foto: iStock


Ditambahkan dr.Aditya Suryansyah, SpA(K), dokter anak dari RSAB Harapan Kita, tali pusat biasanya akan lepas dengan sendirinya setelah bayi berusia beberapa hari. Ini juga tergantung dengan kondisi masing-masing bayi.

"Tali pusat bayi biasanya akan lepas sendiri kurang lebih 7-14 hari setelah dilahirkan," ujar Aditya.

Karena sangat sensitif, tali pusat perlu perawatan yang baik agar tak infeksi. Menurut Aditya, membersihkan tali pusat cukup dengan sedikit larutan alkohol dan kapas. Namun, jangan berikan salep, karena kulit bayi sensitif.

Simak video lengkapnya di sini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi