Sign Up search


parenting

Cara Menghilangkan Bekas Luka Anak Akibat Digigit Serangga

Yuni Ayu Amida Jumat, 07 Feb 2020 05:30 WIB
Cara Menghilangkan Bekas Luka Anak Akibat Digigit Serangga caption
Jakarta - Tentunya anak akan merasa sangat tidak nyaman saat digigit serangga, Bunda. Selain menyebabkan gatal, gigitan tersebut juga bisa menyebabkan bekas luka jika digaruk terlalu keras. Jika sudah luka dan membekas, bagaimana cara menghilangkannya ya?

Dijelaskan dokter spesialis kulit dan kelamin dari D&I Skin Centre Denpasar, Bali, dr.I Gusti Nyoman Darmaputra, Sp.KK, pada individu tertentu bekas luka akibat garukan karena gatal digigit serangga lebih lama hilangnya. Hal ini disebabkan adanya 'bakat' gatal pada individu tersebut.


"Jadi ada beberapa orang yang setelah digigit serangga seperti misalnya nyamuk, meskipun tidak digaruk akan membekas kehitaman. Biasanya karena faktor darah," ungkap Nyoman, dilansir detikcom.


Kata Nyoman, kalau luka itu terjadi pada anak-anak, biasanya bekas luka akan hilang seiring bertambah usia. Tapi, jika luka garukan terjadi pada orang dewasa, maka lukanya lebih sulit hilang.

"Jika sudah bakat begini akan sangat sulit untuk disembuhkan. Yang ada adalah kita harus menjaga agar kulit tersebut tidak tergigit lagi oleh hewan-hewan tersebut," imbuh dr Nyoman.

Nah, cara tepat mengatasi gatal akibat digigit serangga sebaiknya memang tidak digaruk, Bunda. Seperti disampaikan dr.Dani Djuanda, Sp.KK, dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, semakin cepat diobati ke dokter spesialis kulit, akan makin cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas.

Tapi, jika sudah berbekas, Bunda bisa lakukan perawatan dengan bahan alami ini, seperti dilansir Healthline.

1. Minyak kelapa

Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa. Pijat minyak ke area bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam. Ulangi dua hingga empat kali setiap hari.

2. Madu

Sebelum tidur, oles bekas luka dengan lapisan madu. Bungkus bekas luka yang tertutup madu dengan perban. Biarkan selama satu malam penuh. Di pagi hari, lepaskan perban dan cuci luka dengan air hangat. Jadikan ini bagian dari rutinitas setiap malam.

3. Lidah buaya

Cara Menghilangkan Bekas Luka Anak Akibat Digigit SeranggaCara Menghilangkan Bekas Luka Anak Akibat Digigit Serangga /Foto: Getty Images


Lidah buaya dikenal karena banyak khasiat yang bermanfaat bagi kulit kita. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel secara langsung ke bekas luka dengan gerakan melingkar. Setelah setengah jam, cuci bekas luka dengan air segar, ulangi dua kali sehari.

4. Cuka apel

Campurkan 4 sendok makan air suling dengan 2 sendok makan cuka apel. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut kemudian oleskan ke bekas luka. Biarkan kering. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur, cuci area luka pagi hari.

5. Lavender dan minyak zaitun

Campurkan tiga tetes minyak esensial lavender ke dalam tiga sendok makan minyak zaitun extra-virgin. Oleskan campuran ke area bekas luka dan pijat selama sekitar 5 menit, lalu diamkan selama sekitar 30 menit. Bilas area tersebut dengan air hangat. Ulangi proses ini minimal tiga kali sehari.


Simak juga terkait mata bintitan dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi