parenting

Cara Tepat Bersihkan Alat Kelamin Bayi agar Tidak Infeksi

Muhayati Faridatun Kamis, 21 Nov 2019 15:04 WIB
Cara Tepat Bersihkan Alat Kelamin Bayi agar Tidak Infeksi
Jakarta - Cara merawat bayi tentu bukan hal mudah, terlebih menjaga kebersihan dan kesehatannya. Salah satunya, bagaimana cara tepat membersihkan alat kelamin bayi agar tidak mengalami infeksi.

Terutama bagi para ibu baru, masalah kebersihan bayi adalah hal penting yang harus dijaga. Seperti Bunda tahu, bayi adalah makhluk mungil yang masih sangat sensitif di semua bagian tubuhnya. Juga pada alat kelamin bayi.


"Alat kelamin bayi sangat lembut, jadi membersihkan area ini membutuhkan perawatan khusus. Jangan mencuci dan menyeka terlalu sering karena kulit bayi bisa iritasi," dijelaskan dalam ulasan Caring for your baby's genitals di Baby Centre.


Selama ini, banyak Bunda yang mencuci area popok hanya dengan air dan kapas di beberapa minggu pertama bayi lahir. Disarankan, Bunda menambahkan sedikit pembersih cair bayi ke dalam air yang digunakan untuk menyeka.

Bunda juga bisa menggunakan tisu bayi yang sensitif, bebas pewangi, bebas alkohol, atau kombinasi keduanya. Pembersih ringan yang dirancang khusus untuk bayi akan membantu melindungi kulit alami bayi.

Sebelum menggunakan cairan atau tisu pembersih, baiknya Bunda menguji di area kecil kulitnya lebih dahulu. Pastikan juga larutkan pembersih dengan air lebih dahulu, sama seperti saat menggunakannya untuk memandikan bayi.

Ilustrasi membersihkan alat kelamin bayiIlustrasi membersihkan alat kelamin bayi/ Foto: iStock
Dikatakan dr.Rizal Alaydrus dalam program dr.Oz Indonesia Trans TV, bayi perempuan lebih rentan mengalami infeksi karena saluran ureternya lebih pendek ketimbang laki-laki.

"Infeksi (pada bayi perempuan) lebih berisiko dibanding laki-laki," tegas Rizal.

Ia pun menyarankan, Bunda harus memerhatikan cara tepat membersihkan alat kelamin bayi. Dikutip dari buku Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Bayi, berikut cara tepat membersihkan alat kelamin bayi agar tidak mengalami infeksi.

Bayi laki-laki

1. Bersihkan secara rutin tiap mengganti popok

Setiap mengganti popok, jangan lupa membersihkan penis dan daerah sekitar skrotum guna menghilangkan sisa kotoran. Tepuk-tepuk perlahan menggunakan handuk lembut sebelum kembali memakaikan popok bersih.

2. Ganti popok segera saat kotor

Saat bayi BAB, segera bersihkan dan ganti dengan popok baru. Sedangkan untuk anak batita, sesekali bebaskan dari popoknya dan gunakan celana dalam berbahan katun. Ini untuk menghindari lembapnya daerah alat kelamin.


Bayi perempuan

1. Bersihkan dengan teliti

Selalu bersihkan vagina bayi dari depan ke arah belakang, saat popoknya diganti atau setelah dia buang air. Kalau anak batita masih pakai popok, saat BAB di popok, buka bagian labia atau bibir vagina untuk membersihkan kotoran yang mungkin ada di sana.

2. Ganti popok segera saat kotor

Saat bayi BAB, jangan menunda terlalu lama untuk membersihkan. Segera bersihkan dan ganti dengan popok baru. Untuk anak batita, sesekali pakaikan celana dalam tanpa popok untuk menghindari kelembapan di daerah kelamin.

Bunda, simak juga cara mencegah infeksi saluran kemih (ISK) pada bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi