menyusui

Alasan Bayi Menolak Nyusu, Rasa ASI Berubah Hingga Pola Makan Ibu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 16 Nov 2019 13:19 WIB
Alasan Bayi Menolak Nyusu, Rasa ASI Berubah Hingga Pola Makan Ibu
Jakarta - Rasa Air Susu Ibu (ASI) cenderung berubah-ubah, Bun. Tak perlu khawatir menghadapinya karena asupan yang Bunda makan biasanya turut memengaruhi rasa ASI.

Melansir Romper, Leigh Anne O'Connor, Konsultan Laktasi mengatakan, kalau rasa ASI memang bisa berubah. Kadang hal ini dapat menghambat proses menyusui pada bayi.

"Dalam kasus yang jarang terjadi, jika Bunda makan makanan tertentu atau minum obat atau jamu tertentu, hal itu dapat mengubah rasa ASI. Ini umumnya hal yang baik karena bayi terpapar banyak rasa dan akan memiliki langit-langit mulut yang lebih luas dalam hal makan makanan padat. Namun, jika rasanya super kuat, bayi mungkin akan menolaknya," ujar O'Connor.


Menurut sebuah penelitian dari Denmark, rasa tertentu dari diet yang mungkin Bunda lakukan dapat dicicipi dengan jelas dalam ASI di kemudian hari. Tapi, ini tidak berarti Bunda perlu menghindari makanan pedas atau yang rasanya tidak enak.

Alasan Bayi Menolak Nyusu, Rasa ASI Berubah Hingga Pola Makan IbuAlasan bayi menolak disusui/Foto: iStock

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa bayi biasanya menyusu lebih lama dan lebih kuat setelah Bunda memakan sesuatu yang rasanya kuat, seperti bawang putih. Bayi-bayi ini pun sering menunjukkan rasa yang lebih bervariasi dalam makanan padat juga.

Oh ya, Bun, rasa ASI yang berubah juga dipengaruhi beberapa hal. Misalnya saja ASI beku karena bayi menolak untuk meminumnya. Ya, dikarenakan tuntutan bekerja, biasanya ASI akan dibekukan. Tetapi, kemungkinan ada bayi yang enggan meminum ASI beku yang sudah dicairkan.

Untuk itu, bagi Bunda yang bekerja, sebaiknya jagalah ASIP dengan baik agar ASI tidak rusak dan terbuang sia-sia karena rasanya berubah. Perawatan pada kebersihan botol, penyimpanan, serta pencairan ASI untuk meningkatkan kualitas pun perlu diperhatikan, seperti dikutip dari laman Baby Gaga.

Selain itu, mengonsumi obat-obatan tertentu juga dapat mengubah rasa ASI lho, Bun. Karenanya, jika tidak cukup bagi Bunda mengambil tindakan preventif ketika sakit, maka pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter agar obat yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Semoga membantu, Bun!

Eriska Rein juga sempat mengalami drama menyusui lho!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi