sign up SIGN UP search

parenting

5 Kandungan Penting dalam Susu untuk Atasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Siti Hafadzoh Selasa, 25 Feb 2020 15:18 WIB
Anak usia 1 tahun biasanya sudah susah disuruh makan. Biasanya orang tua memberikan susu untuk pengganti makanan. Simak panduan memilih susu berikut ini, Bun. caption
Jakarta - Ketika anak susah makan, Bunda dan Ayah pasti menjadi bingung bagaimana mencukupi kebutuhan nutrisinya. Beberapa orang tua memutuskan untuk memberi susu formula ketika anak berusia 1 tahun untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Lalu, susu untuk anak susah makan seperti apa yang baik untuk anak usia 1 tahun?

Anak membutuhkan berbagai nutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya. Dikutip dari Channel News Asia, kebutuhan nutrisi anak usia di atas 1 tahun sama dengan orang dewasa dengan porsi yang lebih sedikit.


Ini termasuk makronutrien seperti kalori dan protein. Anak di atas usia 1 tahun juga membutuhkan mikronutrien seperti zat besi, seng, dan kalsium.


Menurut ahli diet, Charlotte Lin mengatakan, susu formula berguna ketika anak tidak bisa makan makanan padat dengan baik. Susu formula mungkin mengandung gula tambahan yang lebih banyak dibandingkan susu sapi murni.

Namun, bukan berarti susu menggantikan makanan ya, Bun. Susu menjadi nutrisi tambahan untuk anak di atas usia 1 tahun.

"Susu menjadi suplemen setelah seorang anak melewati hari ulang tahunnya yang pertama. Sama seperti orang dewasa, anak memang tidak mengandalkan susu sebagai sumber nutrisi utama. Artinya, ketika seorang anak bertambah besar, ia harus mengonsumsi lebih banyak makanan daripada susu," kata Dr Ong Eng Keow, seorang dokter anak di International Child and Adolescent Clinic di Mount Alvernia Hospital, dikutip dari Straitstimes.

Nah, kalau Bunda mau memberikan susu untuk anak usia 1 tahun yang susah makan, perlu diperhatikan nih kandungan nutrisinya. Setidaknya, ada beberapa nutrisi yang penting ada di susu untuk anak usia 1 tahun yang susah makan.

Berikut ini HaiBunda rangkum kandungan gizi yang umumnya ada di susu untuk anak usia 1 tahun yang susah makan:

1. Protein

Protein merupakan makronutrien yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika anak terlalu kecil untuk usianya, bisa jadi anak kekurangan protein, Bun.

Dilansir Nutrition News, protein memainkan peran penting pada fungsi tubuh. Misalnya, mengganti jaringan di otot, kulit, organ, darah, rambut, dan kuku.

Bunda perlu menambahkan protein di menu makan anak sehari-hari. Untuk anak yang susah makan, protein bisa didapatkan dari susu.

"Susu adalah sumber protein yang paling mudah diberikan untuk anak, dan ini memberikan kalsium dan vitamin D yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang," kata Jennifer Williams, MPH, seorang peneliti nutrisi.

2. Zat besi

Zat besi membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi juga membantu otot menyimpan dan menggunakan oksigen.

Dikutip dari Mayo Clinic, bayi lahir dengan zat besi yang disimpan di dalam tubuh mereka. Tapi, sejak usia 7 bulan, mereka membutuhkan asupan zat besi. Anak usia 1 tahun membutuhkan 7 mg zat besi per hari.

5 Kandungan Penting dalam Susu untuk Atasi Anak 1 Tahun Susah MakanIlustrasi anak minum susu/ Foto: iStock
3. Lemak

Lemak memiliki banyak fungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil, Bun. Lemak membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E, dan K. Vitamin-vitamin tersebut berperan penting untuk kekebalan tubuh, sel, dan kesehatan mata.

Mengutip Healthy Times, lemak seperti omega 3 penting untuk kesehatan mental dan keseimbangan mood. Sebuah penelitian di tahun 2003 menunjukkan, omega 3 berdampak positif pada tingkah laku anak.

4. Karbohidrat

Karbohidrat dipecah oleh tubuh menjadi gula sederhana. Gula bersirkulasi dalam aliran darah dan digunakan oleh sel-sel tubuh untuk energi.

Otak juga menggunakan glukosa sebagai sumber energi utamanya. Ini lah kenapa anak membutuhkan karbohidrat untuk pertumbuhan dan aktivitasnya.


5. Vitamin

Susu formula untuk anak usia 1 tahun mengandung berbagai vitamin. Susu tersebut mengandung vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Anak membutuhkan vitamin yang sama seperti orang dewasa dalam kadar yang lebih sedikit. Meski anak-anak membutuhkan jumlah vitamin yang lebih kecil dibandingkan orang dewasa, mereka perlu mencukupi kebutuhan nutrisi ini untuk perkembangannya.

Jadi, kalau Bunda ingin membeli susu untuk anak usia 1 tahun yang susah makan, perhatikan kandungan nutrisinya dulu ya. Pastikan setidaknya beberapa nutrisi tersebut ada dalam susu yang akan diberikan ke anak.

Simak penjelasan tentang kandungan susu yang baik untuk anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi