Sign Up search


parenting

Mengenal Exanthema, Ruam Merah Seperti Bentol pada Anak

Zika Zakiya Senin, 16 Mar 2020 15:30 WIB
Mengenal Exanthema, Ruam Merah Seperti Bentol pada Anak caption
Jakarta - Mengingat daya tahan tubuh yang masih rentan, tidak heran jika bayi dan anak sering terpapar penyakit. Salah satunya ternyata adalah exanthema.

Apakah penyakit ini, Bun? Kebetulan pertanyaan ini muncul dalam sesi sharing Kuliah WhatsApp bersama komunitas Birth Club September 2018 beberapa waktu lalu. Narasumber yang kami hadirkan adalah dr. Irene Fenia dari RS Atma Jaya.


"Anak saya beberapa hari lalu dirawat inap karena demam tinggi sampai kejang. Setelah dirawat inap dan pulang ke rumah muncul seperti bentol berwarna merah di kepala lalu menjalar ke badan. Keesokan harinya dibawa ke DSA (Dokter Spesialis Anak -Red) sekalian kontrol pasca rawat inap. Dan, dokter bilang bahwa ruam merah tersebut exanthema. Yang ingin saya tanyakan, apakah exanthema ini berupa satu jenis virus saja atau terdapat beberapa jenis? Apakah pemicu yang bisa menyebabkan exantema muncul? Seberapa perlu pemberian vitamin booster di saat seperti ini virus dan bakteri banyak berkeliaran? -Furry


Jawab: Exanthema merupakan nama lain dari ruam atau bercak-bercak kemerahan yang biasanya muncul pada seluruh tubuh dan paling sering disebabkan oleh virus (tidak spesifik ke salah satu jenis virus). Ada banyak faktor penyebab terjadinya Exanthema pada anak, salah satunya kelengkapan imunisasi dasar. Untuk masalah ini, sebaiknya Bunda kembali berkonsultasi ke DSA untuk pemberian vitamin/suplemen lainnya karena adanya riwayat kejang sebelumnya pada anak.

"Apakah penyakit kulit pada anak bayi mirip biang keringat ada cairannya disertai gatal-gatal bisa disebabkan oleh virus atau bakteri? Apakah kira-kira tanda-tanda ini seperti campak? Tapi tidak mengalami demam." -Raisa



Ilustrasi alergi kulit anakIlustrasi alergi kulit anak/ Foto: iStock

Jawab: Penyakit kulit pada anak ada berbagai macam jenis dan ada beberapa penyakit kulit yang memiliki keluhan dan gambaran yang hampir mirip. Biang keringat merupakan akibat dari sumbatan saluran keringat tanpa adanya infeksi, tetapi apabila tidak segera diobati atau kebersihan anak kurang terjaga dapat berkembang menjadi terinfeksi terutama oleh Bakteri.

Sebaiknya, Bunda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak/Kulit untuk keluhan anak. Karena pada kasus-kasus penyakit kulit butuh pemeriksaan dilihat langsung oleh dokter supaya diagnosisnya tidak salah.

Tidak hanya masalah kulit pada anak, Bunda pun bisa memiliki penyakit kulit ketika menjalani perawatan wajah. Salah satunya adalah dampak akibat suntik putih yang bisa Bunda lihat dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]




(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi