Sign Up search


parenting

7 Dampak Hebat Sibling Rivalry; Agresi Fisik Hingga Bicara Kasar

Zika Zakiya Selasa, 17 Mar 2020 12:52 WIB
7 Dampak Hebat Sibling Rivalry; Agresi Fisik Hingga Bicara Kasar caption
Jakarta - Jangan kecilkan persaingan antar-saudara kandung (sibling rivalry), Bun. Sebab, dampak yang dihasilkan bisa sangat hebat untuk kehidupan internal maupun hubungan ekstrenalnya nanti dengan orang lain.

Demikian pemaparan yang disampaikan oleh Novy Yulianty,M.Psi, dalam presentasinya berjudul Tips Mengatasi Sibling Rivalry. "Sibling rivalry adalah perasaan tidak nyaman pada diri anak berkaitan dengan kehadiran saudara lain yang dianggap mengancam," demikian jelas Novy.


Sibling rivalry biasanya muncul karena memperebutkan kasih sayang orang tua. Persaingan ini akan mengandung unsur kompetisi, kecemburuan, marah, hingga benci.


Ada tujuh dampak hebat yang bisa muncul akibat sibling rivalry ini;

1. Tantrum
Di mana anak akan mengekspresikan emosi dengan melempar barang, berteriak, merengek.

2. Regresi
Mengompol, bertingkah seperti bayi, meminta ASI

3. Menurunnya kepercayaan diri anak

4. Agresi fisik
Memukul, menendang, menampar

5. Agresi verbal
Memaki, berteriak, berbicara kasar

6. Tidak mau berbagi

7. Mengadukan saudara

"Dampak bagi orang lain adalah anak akan menunjukkan perilaku buruk pada orang lain di luar rumah. Ia juga akan memiliki pola hubungan dengan orang lain," papar Novy lagi.

Ilustrasi sibling rivalryIlustrasi sibling rivalry/ Foto: iStock

Duh, amit-amit! Jangan sampai anak mengalami ini ya, Bun. Maka itu Novy menyarankan bahwa tips utama untuk mengatasi sibling rivalry ini adalah dengan berusahan memahami perasaan masing-masing anak.

"Setiap anak memiliki perkembangan dan kebutuhan yang berbeda," ujarnya lagi.

Agar lebih jelas mengenai tips mengatasi sibling rivalry ini, ikuti yuk Kuliah WhatsApp HaiBunda bersama dengan komunitas Motherhope Indonesia dengan tema "Teknik Mengatasi Sibling Rivarly", Rabu, 18 Maret 2020.

Bunda yang mau bergabung silakan klik di sini ya. Sst, akan ada hadiah untuk penanya terbaik di mana pertanyaan tersebut akan kami olah kembali sebagai artikel. Yuk, langsung gabung ya, Bun.

Oiya, simak juga cara unik Yannie Kim, perempuan Bekasi yang menjajal karir sebagai artis Drama Korea, saat anak gadisnya meminta hadiah operasi plastik dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi