sign up SIGN UP search


parenting

5 Langkah Mengawasi Tontonan Anak dengan Fitur Parental Control Netflix

Siti Hafadzoh Kamis, 09 Apr 2020 20:11 WIB
Anak-anak memerlukan pengawasan orang tua ketika menonton film atau serial. Nah, dengan fitur parental control, Bunda bisa lebih mudah mengawasi tontonan anak. caption
Jakarta - Anak-anak suka banget nonton film atau buka-buka aplikasi di handphone, Bun? Wah kalau si kecil sudah mulai suka nonton, bunda dan Ayah harus ekstra pengawasan biar enggak kebablasan.

Artinya, harus ada aturan jelas mengenai konten apa saja yang boleh dan tidak boleh ditonton si kecil ya, Bun. Konten yang mereka lihat tentunya harus sesuai dengan usia mereka.


Beri batasan ketika anak suka menonton konten di platform layanan hiburan. Kalau tidak diawasi dan dibatasi, anak mungkin bisa mengakses konten orang dewasa.


Mencegah kekhawatiran tersebut, baru-baru ini Netflix meluncurkan fitur parental control nih. Manfaat fitur ini akan lebih terasa manfaatnya untuk mengawai anak yang sudah lebih besar.

"Kalau anaknya sudah cukup besar, sudah cukup tahu kalau 'profilku ada batasannya, profil orang tuaku enggak'," kata Kooswardini Wulandari dari Netflix dalam Live Demo pembaruan fitur Parental Control, Rabu (8/4/2020).

Bunda ingin mencoba di rumah? Coba setting aplikasinya dengan 5 langkah berikut ya:

1. Memasukkan PIN pada setiap profil

Ketika berlangganan, Bunda bisa membuat beberapa profil, termasuk untuk anak. Konten yang ada di dalam profil tersebut disesuaikan dengan filter usia.

Fitur terbaru memungkinkan Bunda untuk memasang PIN pada setiap profil. Anak tidak bisa mengakses profil untuk Bunda dan Ayah tanpa memasukkan PIN yang benar.

Dengan begini, anak hanya akan menonton yang ada di akunnya saja, Bun. Jadi, tontonan mereka bisa lebih dibatasi.

2. Filter usia

Lewat fitur parental control, Bunda bisa mengatur profil Netflix sesuai usia anak. Nantinya, tontonan yang disediakan pun sesuai usia anak, Bun.

5 Langkah Mengawasi Tontonan Anak dengan Fitur Parental Control NetflixIlustrasi nonton film bersama anak/ Foto: iStock
3. Blokir judul film

Selain filter berdasarkan usia, Bunda juga bisa memblokir judul serial atau film tertentu yang dirasa tidak cocok untuk anak. Ketika filter ini digunakan, judul yang diblokir tidak akan muncul di profil anak.

4. Mematikan pemutaran otomatis

Biasanya, ketika menonton serial, akan ada pemutaran otomatis episode selanjutnya. Tapi pada profil anak, fitur ini bisa dimatikan. Jadi, Bunda bisa mengatur supaya anak tidak terus menerus nonton film atau serial.


5. Melihat aktivitas streaming

Bunda juga bisa mengawasi tontonan anak lewat fitur parental control ini. Orang tua dapat melihat aktivitas streaming anak. Di situ akan terlihat film dan serial apa saja yang sudah ditonton setiap profil.

Simak juga alasan Bunda harus mendampingi anak ketika nonton kartun di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi