sign up SIGN UP search


parenting

Asah IQ Anak saat #DiRumahAja? Lakukan 3 Tips Ini

Abu Ubaidillah Jumat, 24 Apr 2020 13:42 WIB
Ibu dan anak main bersama caption
Jakarta -

Pasti membanggakan kalau punya buah hati yang cerdas. Namun untuk mencapainya, bunda tidak hanya harus bergantung kepada kemampuan si kecil, melainkan juga perlu melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kecerdasan si kecil.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menyebut bahwa otak anak sudah mulai terbentuk sejak dalam kandungan dan pada usia 2 tahun pertama, otak anak sudah terbentuk 70%.

"Walau mereka sudah terlahir dengan miliaran sel saraf otak yang sudah terbentuk dan berkembang tapi mereka belum terhubung satu dengan yang lain, dan dibutuhkan stimulasi dan nutrisi yang berperan," ujar dr Muliaman kepada detikcom, Jumat (24/4/2020).


Dr. Muliaman menambahkan, pertumbuhan otak anak dapat terhambat karena beberapa hal, seperti adanya infeksi dan kurang nutrisi pada masa kehamilan, serta infeksi kronis, kurang pemberian ASI dan nutrisi pada 5 tahun pertama.

Nah dilansir dari INC, psikolog Bryan Roche Ph.D memiliki beberapa saran yang sangat baik dan terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan fungsi otak atau IQ si kecil. Antara lain yaitu:

1. Memberi Asam Lemak Omega 3

Asam omega 3, termasuk yang berasal dari minyak ikan harus menjadi nutrisi yang perlu bunda berikan kepada si kecil untuk meningkatkan fungsi otak mereka. Selain terkandung pada ikan, asam lemak omega 3 terkandung dalam ASI atau susu formula.

Dr Muliaman menyebut, asam lemak omega 3 & 6 merupakan asam lemak yang tidak dibentuk oleh tubuh, melainkan harus ditambah dari luar. Asam lemak ini sangat diperlukan untuk pembentukan dan koneksi sel saraf.

2. Bicaralah dengan Mereka dan Bacakan untuk Mereka

Semakin banyak percakapan yang bunda lakukan dengan si kecil, semakin tinggi pula tingkat kecerdasan si kecil, itulah yang diungkapkan oleh Roche. Selain itu, membacakan sesuatu yang bermanfaat seperti buku cerita, dongeng, dan sebagainya secara rutin setiap hari juga bisa meningkatkan IQ si kecil, terutama jika proses membacanya dilakukan secara interaktif.

"Semakin sering anak diajak bicara, semakin banyak sel saraf yang terhubung, maka semakin banyak dia akan mendengar, melihat dan mengingat pembelajaran saat bermain dan bicara," ujar dr Muliaman.

3. Harapkan Mereka Pintar

Ini adalah taktik yang sederhana dan banyak orang tua mungkin tidak tahu perannya. Dalam sebuah studi, dijelaskan bahwa para psikolog mengajarkan kepada siswa bahwa kecerdasan bukanlah kualitas yang tetap, melainkan dapat diubah dan ditingkatkan. Mereka menemukan siswa yang menerima pesan ini memiliki kinerja akademis yang lebih baik.

Bunda bisa mencobanya dengan cara memberi tahu kepada si kecil bahwa mereka bisa lebih pintar besok daripada hari ini, dan lebih pintar lagi di hari berikutnya. Yakinkan si kecil bahwa hal ini benar. Karena jika bunda melakukannya, hal tersebut akan terjadi.

Itulah ketiga tips yang secara ilmiah dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Untuk si kecil, bunda bisa mendukung pertumbuhan otaknya secara maksimal salah satunya dengan memberi asupan Morinaga Chil Kid dan Chil School.

Morinaga Chil Kid dan Chil School dengan Triple Bifidus dan kandungan alfa-laktalbumin hingga 22% dan lebih tinggi kolin serta mengandung berbagai nutrisi penting lainnya seperti AA, DHA, Omega 3 & 6, serta zat besi untuk bantu tingkatkan kecerdasan multitalenta.

(mul/ega)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi