sign up SIGN UP search


parenting

Cara Tepat Menghadapi Anak Tantrum, Bunda Perlu Tahu

Rahmi Sarifa Kamis, 08 Apr 2021 15:08 WIB
A mother holding a crying toddler daughter indoors in kitchen when cooking. caption

Sikap tantrum yang dilakukan Si Kecil merupakan hal yang wajar dialami oleh anak yang berusia 1 hingga 4 tahun. Meskipun Bunda sering merasa khawatir dan sedih melihat Si Kecil yang tantrum, Bunda harus belajar memahami situasi agar dapat menghadapinya dengan tenang.

Pertama-tama, Bunda harus tahu kalau tantrum itu pada dasarnya adalah salah satu cara untuk melampiaskan rasa frustasinya. Biasanya hal ini dipicu karena ia memiliki keinginan dan berusaha meminta Bunda atau Ayah menurutinya.

Cara meluapkan rasa frustasi tersebut berbeda pada setiap anak. Salah satu yang biasa terjadi adalah berteriak. Sebenarnya, cara termudah untuk menghentikan amukan emosi Si Kecil adalah dengan memberikan apa yang mereka inginkan. Namun, strategi ini tidak baik dalam jangka waktu panjang, karena ia akan terbiasa mengungkapkan perasaannya dengan amukan. 


Jadi, dalam situasi seperti ini hal yang harus Bunda lakukan adalah terlebih dahulu menjaga emosi Bunda sendiri. Bunda tidak akan bisa menenangkannya apabila Bunda dan Si Kecil sama-sama sedang emosi. 

Memukul juga bukan pilihan yang baik, ya, Bunda. Bahkan itu hanya akan suasana menjadi lebih buruk. Cobalah untuk tarik napas dalam-dalam dan kendalikan emosi Bunda. Setelah yakin bisa bicara dengan tenang, disiplinkan Si Kecil dengan memberi tahu mereka bahwa amukan bukanlah perilaku yang baik untuk dilakukan.

Banner 2 Wanita Korea Nikahi Pria Indonesia

Apabila dengan cara di atas tidak berhasil menenangkan anak tantrum, Bunda bisa abaikan amukannya. Biarkan ia melampiaskan emosinya sampai lelah sendiri dan mulai berpikir bahwa amukannya tidak akan membuatnya mendapatkan apa yang diinginkan. 

Jika Si Kecil bersikap di luar kendali, Bunda, Ayah maupun orang-orang di sekitarnya harus memastikan ia jauh dari benda-benda yang mungkin membahayakan dirinya. Berikan ia safe space sampai ia bisa lebih tenang, lalu katakan kepada mereka dengan lembut bahwa Bunda selalu mencintainya tapi bukan berarti Bunda akan selalu menuruti apapun keinginannya.

Menghadapi anak tantrum memang amat sulit, Bunda. Tapi, Bunda harus ingat bahwa sikap Bunda sekarang akan amat berperan dalam pembentukan karakter Si Kecil ke depannya. Jadi pastikan Bunda menghadapi situasi dengan tepat, ya.

Bunda juga bisa simak tips menghadapi anak tantrum di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



KENALI PEMICU ANAK TANTRUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi