sign up SIGN UP search


parenting

Ajak Anak Balita Bikin Kue Lebaran, Ya atau Tidak?

Melly Febrida Selasa, 19 May 2020 13:02 WIB
Ajak Anak Balita Bikin Kue Lebaran, Ya atau Tidak? Ilustrasi ajak anak balita bikin kue Lebaran/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AnVr
Jakarta -

Siapa yang sudah sibuk bikin kue Lebaran? Anak-anak biasanya penasaran ikut nimbrung, Bunda pun jadi dilema. Kalau dibiarkan nanti berantakan dan nggak rampung-rampung dong?

Tahukah, Bunda, mengajak anak bikin kue atau baking sebenarnya banyak manfaatnya lho. Seperti diungkapkan Nilou Forooghian, ahli diet terdaftar di HealthLink BC.

"Bawa anak-anak Anda ke dapur. Anak-anak yang berusia 2 dan 3 tahun suka melakukan hal-hal sendiri," kata Forooghian, mengutip Healthy Families BC.


Menurutnya, anak-anak sangat ingin tahu dan suka menjelajahi dunia menggunakan indra penglihatan, sentuhan, bau, suara dan rasa. Membawa anak-anak ke dapur merupakan cara bagus untuk melakukan hal di atas, sambil mengajari keterampilan secara bersamaan.

"Memberi balita kesempatan untuk menggunakan indra mereka, merasakan bagian dari persiapan makan dan memasak, bisa membantu mereka menerima makanan baru dan dapat membantu mencegah dan mengelola pilih-pilih makanan," ujarnya.

Ibu dan anak bikin kueIbu dan anak bikin kue/ Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko

Forooghian menganjurkan, cobalah melibatkan anak-anak dalam mencium dan mencicipi, mengocok telur, hingga mencetak kue. Saat mengajak masak bersama, ajukan pertanyaan pada anak agar mereka tetap terlibat membantu. Bunda bisa menanyakan warna bahan, bagaimana rasanya bahan tersebut.

"Lihat dan cium, atau bicarakan dari mana bahan tersebut berasal. Beberapa balita mungkin lebih suka melihat Anda memasak, dan tidak apa-apa. Mereka akan bersemangat untuk segera membantu," jelasnya.

Dikutip dari Baby Gaga, seorang penulis yang juga blogger, Loraine Balita-Centeno mengatakan, dengan mengizinkan anak kecil membantu membuat mereka merasa penting, dihargai, dan dicintai.

"Bahkan, balita bisa membantu melakukan tugas-tugas sederhana di rumah, termasuk di dapur," ujarnya.

Sementara itu, dikatakan KJ Dell' Antonia dan Margaux Laskey, penulis The Kids in The Kitchen Series, mengajak anak memasak juga bisa membuatnya mendapat skill baru.

"Saat bisa melakukan sesuatu walau simpel, misalkan memotong bawang merah dan sayur, itu akan jadi prestasi tersendiri buat anak," tuturnya, dilansir New York Times.

Bunda, simak juga yuk manfaat mengajari anak masak, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi