parenting

Lebaran 2019 Jatuh pada 5 Juni, Bagaimana Jelaskan Makna Idul Fitri ke Anak

Maya Sofia Senin, 03 Jun 2019 19:00 WIB
Lebaran 2019 Jatuh pada 5 Juni, Bagaimana Jelaskan Makna Idul Fitri ke Anak
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Tanggal tersebut ditetapkan setelah Kemenag menggelar Sidang Isbat yang dipimpin langsung Menteri Agama Lukman Saifuddin pada Senin (3/6/2019).

"Dengan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019," ujar Menag dilansir detikcom.


Ketika si kecil bertanya apa sih sebenarnya Idul Fitri atau Lebaran, mungkin kita bisa bingung ya, Bun, bagaimana memberi penjelasan ke anak. Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, untuk si kecil usia prasekolah yaitu 4-5 tahun dan masa awal sekolah yakni usia 6-9 tahun, sebenarnya tidak ada perbedaan penjelasan yang signifikan.


Lebaran 2019 Jatuh pada 5 Juni, Bagaimana Jelaskan Makna Idul Fitri ke AnakIlustrasi Lebaran. (Foto: iStock)


Kenapa? Karena mereka masih sulit memahami hal yang abstrak seperti mendapatkan pahala atau kembali suci. "Pemahaman mereka masih sebatas hal-hal yang konkret atau hal yang mereka dapat rasakan secara langsung. Yang membedakan hanya bahasa yang digunakan dan panjangnya diskusi," tutur Vera.


Saat memberi penjelasan ke anak usia pra sekolah (2-6 tahun) tentu bahasanya lebih sederhana daripada anak usia sekolah dasar. Penjelasan juga tergantung kecerdasan anak. Ya, anak yang cerdas dan kritis tentu butuh penjelasan atau diskusi yang lebih panjang dan mendalam.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi