sign up SIGN UP search


parenting

Peran Penting Ayah dalam Memenuhi Nutrisi Anak, Yuk Jadi Keluarga Sadar Gizi

Asri Ediyati Minggu, 02 Aug 2020 13:41 WIB
Ilustrasi bonding ayah dan anak Ilustrasi ayah dan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko
Jakarta -

Anak bisa dibilang sebagai investasi masa depan orang tuanya. Mereka juga kelak menjadi penerus di masa depan. Setuju ya, Bunda?

Untuk itu, ketika anak berada di fase tumbuh kembang, maka diperlukan perhatian yang ekstra dari orang tua. Tak cuma stimulasi yang merangsang perkembangan otak, namun juga ada pemenuhan nutrisi yang tak boleh kita lupakan.

Saat di fase pertumbuhan dan perkembangan anak yang sedang pesat-pesatnya, maka pemenuhan nutrisi tak hanya berada di bawah kontrol Bunda saja. Ya, perlu ada peran dan keterlibatan ayah di dalamnya.


Pakar nutrisi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., menegaskan bahwa kedekatan ayah dengan seorang anak sangat memengaruhi pemenuhan gizi. Ada risiko yang bisa terjadi salah satunya stunting bila ayah tak andil dalam pemenuhan gizi.

"Jadi kalau kita bicara kedekatan ayah seorang anak risiko stunting, misalnya kurangnya waktu bersama ayah saat pemenuhan gizi, seperti makan bersama," kata Rita di acara Tanoto Foundation Peran Komunikasi Perubahan Perilaku demi Pencegahan Stunting, baru-baru ini.

Rita sesali bahwa banyak orang tua di Indonesia yang loss control terhadap ini. Menganggap bahwa pemenuhan gizi anak hanyalah tugas ibu semata. Padahal banyak sekali tugas ibu, dan ini harus dibagi-bagi secara adil.

"Jadi peran pada perkembangan anak tak cuma pada ibu tapi juga orang yang ada di rumah, ini yang dimaksud keluarga sadar gizi," ujarnya.

"Tiap kelompok umur berbeda pemahaman tentang gizinya. Misalnya ayah atau suami harus paham, 'Saya enggak hamil tapi saya tahu apa yang perlu dikonsumsi ibu hamil,'" sambungnya.

Nah, hal yang sama berlaku pula untuk pemenuhan gizi anak, Bunda. Ayah dan orang rumah seperti orang tua, mertua, paman, bibi, semuanya harus berperan di dalamnya. Inilah yang dimaksud oleh Rita tadi yaitu keluarga sadar gizi.

Simak juga empat faktor penyebab anak kekurangan gizi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi