sign up SIGN UP search


parenting

4 Tips Ampuh Menghentikan Anak Cegukan, Dijamin Berhenti Bunda

Asri Ediyati Sabtu, 29 Aug 2020 16:11 WIB
cute little girl get cold and feel vomit, asian caption
Jakarta -

Cegukan dalam dunia medis didefinisikan sebagai 'kejang' diafragma berulang. Cegukan bisa dialami sama siapa saja, kapan saja, dan usia berapa pun. Ya, bahkan bayi dalam kandungan bisa cegukan.

Bagaimana cegukan bisa terjadi? Mengutip dari Healthline, ada beberapa hal yang menyebabkan diafragma kejang tanpa disengaja dan berulang kali. Di antaranya yaitu menelan terlalu banyak udara, makan makanan besar, minum minuman berkarbonasi.

Kemudian adanya perubahan mendadak pada suhu tubuh atau lingkungan, stres emosional, dan bahkan ketika kita sedang bahagia.


Dokter anak berbasis di Washington D.C Howard Bennet, MD memiliki tips yang tidak berbahaya dan mungkin bisa membantu anak berhenti dari cegukan.

"Kami tidak tahu seberapa baik pengobatan tersebut bekerja karena belum diuji secara ilmiah, tetapi tidak berbahaya dan dapat membantu," kata Bennett, dikutip dari Parents.

Berikut empat tips ampuh untuk membantu menghentikan anak cegukan:

1. Tahan napas

Minta anak menarik napas dalam-dalam seolah-olah dia akan meniup lilin ulang tahun dan menahannya selama 15 hingga 30 detik. Tunggu sebentar dan ulangi tindakan ini jika tidak berhasil untuk pertama kali. Bennet mengingatkan, anak bisa pusing saat melakukan ini, jadi pastikan dia duduk di sofa.

2. Telan gula

Letakkan satu sendok teh di lidah anak dan minta dia meminumnya. Ya, kali ini anak diberi izin untuk mencicipi gula pasir karena untuk tujuan yang baik.

Ilustrasi anak demam dan batukIlustrasi anak ceguka/ Foto: iStock

3. Bernapas ke dalam kantong kertas (paperbag)

Minta anak menenangkan napas dengan menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan ke dalam kantung sepuluh hingga 15 kali. Awasi anak bila merasa pusing ya, Bunda.

4. Minum air

Isi gelas kurang lebih 170 ml. Kemudian minta anak untuk minum air secepat mungkin. Ini perlu Bunda awasi ya, khawatir anak bisa tersedak.

Selamat mencoba ya!

Simak juga tips membuat bayi sendawa setelah menyusu:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi