sign up SIGN UP search


parenting

Penuh Maksiat, Alasan Kartika Putri & Habib Usman Larang Anak Pakai HP

Annisa Karnesyia Selasa, 08 Sep 2020 15:16 WIB
Kartika Putri dan Habib Usman caption
Jakarta -

Kartika Putri dan Habib Usman punya cara sendiri dalam mendidik keempat buah hatinya. Pasangan ini ternyata tidak memberikan gadget dan melarang anak-anaknya nonton televisi (TV), Bunda.

Hal ini bahkan diterapkan pada anak pertama mereka yang menginjak remaja. Sebagai orang tua, Kartika dan Habib langsung mengawasi kegiatan anak-anaknya.

"Kita itu anaknya empat, yang pertama 15 tahun SMP kelas 3, kedua umur 8 tahun kelas 3 SD, yang satu TK B. Tiga-tiganya enggak ada yang pake handphone, enggak ada yang nonton TV," kata Kartika dalam YouTube Denny Cagur TV, dikutip Selasa (8/9/2020).


Habib mengatakan bahwa dia tidak ingin gadget mengalihkan kewajiban anak-anaknya untuk beribadah. Menurutnya, gadget seperti handphone itu penuh kemaksiatan.

"Pertama, handphone itu di dalamnya penuh kemaksiatan. Ketika dia salah mengartikan banyak peluang, dia nonton ini, main ini. Ketika dia sibuk main game saja, otaknya hanya di game-game, akhirnya malas salat, malas ibadah, dan lain sebagainya," ujar Habib.

"Handphone menurut saya dan istri, ketika di kasih sama anak, itu akan membahayakan anak," sambungnya.

Kartika Putri dan KeluarganyaKartika Putri dan Keluarganya/ Foto: Instagram @kartikaputriworld

Anak pertama Kartika dan Habib Usman sempat minta diberikan handphone untuk berkomunikasi langsung dengan teman-temannya. Namun, Kartika mencoba memberikan pengertian perihal larangan darinya dan sang suami.

Artis 29 tahun itu bahkan mengutarakan keinginannya pada sang buah hati. Ucapan Kartika inilah yang meluluhkan hati anak-anaknya untuk setuju tak memakai gadget.

"(Aku bilang ke anak-anak) Bunda harus rawat kalian, Bunda enggak minta ganti apa-apa. Bunda sekarang di rumah, kerja, ngurus, kalau kalian enggak jadi apa-apa, ngapain buang energi Bunda. Jadi bunda pingin minta kalian jadi orang. Enggak usah ingat Bunda enggak apa-apa, yang penting ingat orang tua, Mama sama Abah," ucap Kartika.

"Itu yang menyentuh hati anak paling gede dan kecil, mereka itu nurutnya Masya Allah," sambungnya.

Selain soal gadget, Kartika dan Habib juga tak mengizinkan anak-anaknya nonton TV. Menurut keduanya, tayangan TV saat ini sudah tidak lagi mengedukasi anak-anak.

"Aku enggak boleh anak-anak nonton TV, karena di TV enggak ada edukasi sekarang. Kebanyakan semua gosip, ghibah, ngomongin orang," kata Kartika.

Untuk memberikan anak-anaknya informasi, Kartika dan Habib lebih suka menyampaikannya langsung dengan berdiskusi. Keduanya pun selalu siap untuk menjawab semua pertanyaan anak-anaknya, Bunda.

Simak juga eksperimen seru dengan anak tanpa gadget, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi