sign up SIGN UP search


parenting

10 Manfaat Taekwondo untuk Anak: Percaya Diri hingga Jantung Sehat

Muhayati Faridatun Rabu, 18 Nov 2020 19:34 WIB
Manfaat Taekwondo untuk anak
A group of elementary age children are taking a martial arts class. They are standing together in a row and are smiling while looking at the camera. caption

Manfaat Taekwondo untuk anak:

5. Anak lebih tekun

Atlet sering berada dalam situasi yang sulit, baik selama kompetisi maupun latihan. Selama mengalami momen dengan tekanan tinggi ini, anak-anak belajar bertahan melalui tantangan-tantangan itu. Karena begitu banyak momen dalam seni bela diri, anak akan belajar untuk cepat beradaptasi dan menghadapi situasi dengan tenang, sehingga mereka akan lebih tekun menjalaninya.

6. Anak lebih fokus

Seperti ditunjukkan legendaris bela diri Hong Kong, Bruce Lee, di balik pukulan, tendangan, dan lutut, seorang seniman bela diri sejati belajar mengenali dirinya sendiri, serta melihat kelemahan diri. Lewat seni bela diri, anak-anak akan belajar bagaimana jadi pribadi yang tenang, tertantang, dan lebih fokus.


7. Tingkatkan refleks

Penelitian menemukan, dengan berlatih Taekwondo, anak-anak tidak hanya meningkatkan refleks saat beraktivitas, tetapi juga menunjukkan reaksi lebih cepat dalam semua aktivitas. Ini sangat penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan baik ditanamkan pada anak-anak.

8. Persaingan sehat

Taekwondo memberikan pelajaran penting kepada anak-anak tentang dinamika tim. Setiap anak harus berusaha mencapai tujuan, sedangkan persaingan memungkinkan mereka melihat kekuatan dan kelemahan satu sama lain. Ini bertujuan menentukan strategi apa yang tepat digunakan saat bertanding.

9. Perkembangan fisik

Dengan berolahraga, anak-anak akan mengembangkan otot dan tulang jadi lebih kuat. Semakin kuat fisik anak, maka semakin kecil kemungkinan dia cedera fisik. Penelitian di Selandia Baru pada 2006 membuktikan, latihan fisik sebelum dan selama masa pubertas akan membantu anak mencapai puncak massa tulang, otot dan tulang berkembang lebih kuat, yang menjadi dasar pertumbuhan masa depan.

10. Kesehatan jantung

Penelitian menemukan, satu-satunya cara nyata untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan aktivitas fisik yang memacu jantung. Salah satunya Taekwondo, yang bisa meningkatkan ketahanan fisik anak saat jantung mereka semakin kuat dan sehat.

Nah, Bunda ingin lebih jelas lagi tentang manfaat Taekwondo untuk anak? Yuk tanya langsung ke pelatih, dalam event Spesial Hari Anak Sedunia bersama HaiBunda. Klik di SINI.

(muf/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi