sign up SIGN UP search


parenting

Siap-siap Bunda, Sekolah Tatap Muka Mulai Dibuka Januari 2021

Sabtu, 21 Nov 2020 16:52 WIB
Siswa Siswi mengikuti simulasi sekolah percontohan pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 2 Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/8/2020). Pelaksanaan ini dilaksanakan mulai hari ini hingga 28 Agustus 2020. Siswa yang yang mengikuti pelajaran tatap muka hari ini 18 anak perkelas.  setiap kelas 7, 8 dan 9 diwakili 1 kelas yang bergantian setiap harinya. caption
Jakarta -

Mulai Januari 2021, sekolah tatap muka direncanakan bisa kembali dibuka, Bunda. Jika nanti si kecil sudah mulai bersekolah, Bunda harus memastikan dia selalu terlindungi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Rencana pembukaan sekolah tatap muka diumumkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada Jumat (20/11/2020). Menanggapi kebijakan tersebut, Satgas Penanganan COVID-19 terus menjalin koordinasi intensif dengan Kemendikbud, untuk memastikan pembelajaran tatap muka di masa pandemi berjalan aman.

"Satgas selalu berkoordinasi dengan Kemendikbud beserta kementerian dan lembaga lainnya, terkait panduan penyelenggaraan tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dikutip dari laman covid19.go.id, Sabtu (21/11/2020).


Wiku menjelaskan, hal utama yang menjadi pertimbangan dalam koordinasi dengan Kemendikbud, yakni mengenai perkembangan, dan penanganan kasus positif setiap daerah. Satgas Penanganan COVID-19, lanjutnya, meminta kepada pemerintah daerah untuk mengikuti arahan dan keputusan yang ditetapkan Kemendikbud terkait pembelajaran tatap muka.

"Kami ingatkan sekali lagi, prinsip pembukaan pada masa pandemi, yaitu harus ada prakondisi, timing, prioritas, koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta monitoring evaluasi guna menjaga keamanan masyarakat," ujar Wiku.

Dalam penyelenggaraan sekolah tatap muka nanti, baik guru dan siswa harus menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, diatur kapasitas maksimal dalam kelas dibatasi maksimal 50 persen.

"Bahwa kalaupun sekolah itu sudah memenuhi semua kriteria dancheck list untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka protokol kesehatan yang ketat harus masih dilaksanakan. Pertama, terpenting adalah kapasitas maksimal itu sekitar 50 persen dari rata-rata," kata Nadiem.

Jangan lupa selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun agar keluarga tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Chow Yun Fat dan istri

Bunda simak tips tetap berkreasi di saat pandemi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi