sign up SIGN UP search


parenting

Inspiratif, Cara Donna Agnesia Seimbangkan Akademik dan Hobi Olahraga Anak

Asri Ediyati Minggu, 15 Nov 2020 16:22 WIB
Donna Agnesia dan Darius Sinathrya, serta ketiga anak caption
Jakarta -

Sebagian besar orang tua pastinya ingin anak menempuh pendidikan akademik setinggi-tingginya. Di sisi lain, ada anak yang hobi bahkan berkeinginan punya karier di bidang non-akademik. Soal ini, Donna Agnesia pun merasakannya lho.

Anak-anak Donna Agnesia, terutama dua anak laki-lakinya yaitu Diego dan Lionel memiliki hobi sepakbola. Keduanya pun dinilai sangat berbakat dalam olahraga tersebut. Meski demikian, Donna ternyata punya cara untuk seimbangkan akademik dengan hobi olahraga anaknya nih, Bunda.

"Jadi baik ekstrakurikuler, hobi anak-anak itu semua dilakukan setelah jadwal sekolah selesai. Kalau pun ada pertandingan (sepakbola) biasanya dilakukan Sabtu dan Minggu," kata Donna Agnesia di acara virtual press conference Biskuat Academy 2020, baru-baru ini.


Ya, Donna Agnesia dan suaminya, Darius Sinathrya berupaya menyusun jadwal anak agar kegiatan mereka tidak saling berbenturan. Sekalipun ada agenda ke luar karena ada pertandingan bola dari klubnya, Donna tetap harus mengantongi izin dari pihak sekolah.

"Sejauh ini diusahakan memang tidak mengganti jadwal sekolah, akademik. Sebelum pandemi, biasanya ada jadwal ke luar negeri (main sepakbola) dan itu harus dapat izin dari sekolah," kata Donna Agnesia.

Jadi, menurut Donna Agnesia, diusahakan semua akademiknya harus seimbang dan jika memang anak masih sekolah, jangan sampai kegiatan atau olahraga sekalipun mereka ingin menjadi atlet profesional, itu mengganggu nilai di sekolah mereka.

"Itu salah satu motivasi juga supaya semuanya harus balanced, kadang kita juga harus menanyakan, memastikan ke anak, 'Mau jadi atlet atau enggak?'. Banyak banget yang harus dipikirkan. Jadi, untuk sekarang ini, latihan (sepakbola) setelah sekolah, tapi tetap menomorsatukan akademik," kata Donna Agnesia.

Donna Agnesia pun mengaku bahwa ia tak masalah ketika anaknya lulus sekolah nanti untuk menjadi atlet sepakbola. Hanya saja dari sekarang, ia melihat dan menilai komitmen dari dua anaknya yang laki-laki itu.


"Saya selalu tanyakan komitmen ke mereka, 'Kamu ini sepakbola hobi saja atau memang ingin jadi atlet?'. Karena dua hal itu memiliki komitmen yang berbeda," kata Donna Agnesia.

Simak juga cara seru Donna Agnesia isi waktu luang dengan anak saat di rumah:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi