sign up SIGN UP search


parenting

6 Cara Lindungi Anak dari Ancaman Bahaya Dunia Maya, Bunda Perlu Tahu

Muhayati Faridatun Rabu, 16 Dec 2020 17:15 WIB
Girl using a digital tablet in home caption
Jakarta -

Selama 9 bulan pandemi Corona (COVID-19), apakah Si Kecil banyak menghabiskan waktu dengan main gadget? Bunda perlu tahu nih, cara melindungi anak dari ancaman dunia maya.

Kondisi ini memang mengharuskan anak-anak sekolah online atau daring. Kegiatan mereka pun terbatas hanya di rumah saja, demi mencegah risiko penularan virus Corona.

Alhasil, waktu anak bermain gadget lebih sering dari biasanya. Bagi orang tua, tentu tak mudah menerapkan pembatasan bermain gadget. Apalagi, Bunda dan Ayah juga punya kesibukan masing-masing di rumah. Ditambah pula anak yang merengek kalau disetop main gadget.


"Aku bosan, Bun, main apa lagi?" ucap Si Kakak.

Inilah alasan yang sering dikatakan anak pertama Bubun. Setelah belajar online selesai, lalu main sama adiknya, atau menggambar dan mewarnai, Si Kakak suka bingung mau melakukan aktivitas apa lagi. Yaaa, ujung-ujungnya main gadget lagi.

Apakah Bunda mengalami hal yang sama? Sebagai orang tua, pastinya jadi tantangan besar membatasi anak main gadget. Tapi, perlu kita sadari, ada bahaya yang mengancam saat anak 'berselancar' di dunia maya.

Untuk mengatasinya, berikut 6 cara melindungi anak dari ancaman bahaya dunia maya, dikutip dari laman resmi Unicef:

1. Komunikasi terbuka

Bunda dan Ayah disarankan menjalin komunikasi secara terbuka dengan anak. Khususnya tentang cara dan memilih teman interaksi di dunia maya. Pastikan juga, anak harus berperilaku baik dan sopan selama berinteraksi di dunia maya.

Peringatkan juga tentang larangan diskriminasi atau perlakukan tidak pantas. Sebagai antisipasi anak kita yang mengalami, berilah dorongan untuk selalu bercerita pada orang tua yang bisa mereka percaya.

Amati perilaku anak dan waspada kalau mereka tampak murung, atau cenderung menyembunyikan kegiatannya di dunia maya, bahkan jika mereka mengalami bullying atau perundungan. Buat juga peraturan bersama anak tentang cara, kapan, dan di mana mereka bisa main gadget.

Untuk tips selengkapnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Banner tanaman hias tropis

Simak juga yuk curhat Winda 'Idol' menyesal membiarkan anak sering main gadget, dalam video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



Cara lindungi anak dari bahaya dunia maya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!