sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Skrining Thalassemia, Cegah Anak Alami Kelainan Darah Berbahaya

Erni Meilina Selasa, 05 Jan 2021 09:27 WIB
ilustrasi anak sakit caption

Jakarta – Bunda, sudah pernah dengar mengenai penyakit genetik, thalassemia? Indonesia masuk dalam negara yang tinggi akan pasien penyakit genetik. Perlu Bunda tahu bahwa thalassemia ini merupakan kelainan langka yang dialami oleh anak.

Penyakit thalassemia tidak boleh disepelekan karena bisa menyerang siapa saja, ada yang tidak bergejala, dan parahnya kalau memiliki thalassemia tidak dapat disembuhkan.

Thalassemia merupakan cacat genetik. Dikatakan cacat genetik karena dari orang tua lah yang membawa gen thalassemia ini, Bunda. Sehingga bisa menurunkan penyakit berbahaya tersebut kepada anak-anaknya. Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah bawaan yang diakibatkan berkurang atau tidak berproduksinya rantai protein untuk membentuk Hemoglobin.


Tapi perlu diingat Bunda, penyakit thalassemia bukanlah penyakit yang menular. Meskipun penyakit genetik ini tidak bisa disembuhkan, tapi kita bisa lho mencegah terjadinya anak lahir dengan tanpa mengidap thalassemia. Pencegahan dilakukan dengan cara melakukan skrining thalassemia sebelum menikah.

“Bisa cegah, kita melakukan skrining thalassemia. Ini terutama untuk generasi yang muda yang jauh-jauh sebelum menikah, kita bisa lakukan skrining thalassemia,” ungkap Prof. Dr. dr. Pustika Amalia Wahidiyat, Sp.A(K), Staf Senior Divisi Hematologi-Onkologi Anak, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM.

Skrning ini penting untuk generasi muda, karena nantinya generasi muda yang akan menjadi calon Ayah dan calon Ibu untuk anak-anaknya kelak. Mengingat penyakit ini di Indonesia termasuk ke dalam angka yang cukup tinggi, sedangkan orang dengan thalassemia minor tidak menunjukkan gejala dan nantinya penyakit ini tidak dapat disembuhkan, Bunda.

Lia menganjurkan untuk melakukan skrining thalassemia sedini mungkin, “jadi, melakukan skrining thalassemia itu lebih baik usianya di usia dini. Kalau kita mulai dari dini artinya kita punya kesempatan buat mikir, buat milih.”

Penyakit thalassemia di Indonesia ini adalah penyakit keturunan yang sering tidak terdeteksi, biaya pengobatannya pun mahal dan harus dilakukan seumur hidup. Penting untuk anak muda saat ini sadar akan pentingnya skrining thalassemia di usia dini untuk mendapatkan anak yang unggul.

Apa yang harus Bunda lakukan untuk mencegah thalassemia pada calon keturunan kelak? Simak informasi selengkapnya di halaman berikut:

Simak penjelasan mengenai thalassemia selengkapnya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19
Pentingnya Skrinning Thalassemia Sejak Dini
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi