sign up SIGN UP search


parenting

Hanya Butuh Rp550 Ribu untuk Cegah Thalassemia, Kelainan Darah Berbahaya

Annisa Karnesyia Jumat, 18 Dec 2020 14:14 WIB
Webinar Haibunda caption
Jakarta -

Sebelum menikah, pasangan sebaiknya melakukan screening kesehatan yang lengkap. Screening dini ternyata bisa mencegah anak terkena thalassemia lho, Bunda.

Seperti kita tahu, thalassemia tidak bisa disembuhkan dan membutuhkan pengobatan seumur hidup. Kelainan genetik ini juga dapat berdampak pada kesehatan anak di masa mendatang.

Menurut dokter spesialis anak - Konsultan Hematologi Anak Prof. Dr. dr.Pustika Amalia Wahidiyat, Sp.A(K)., secara garis besar, thalassemia adalah cacat genetik atau bawaan pada sel darah merah. Sel darah merah tidak bisa terbentuk dengan baik karena kekurangan protein sehingga gampang pecah.


"Thalassemia ini cacat genetik yang dibawa kedua orang tua. Anak umumnya tampak pucat dan butuh transfusi darah seumur hidupnya," kata dokter yang akrab disapa Lia ini, dalam Webinar HaiBunda Bersama Dokter, Jumat (18/12/2020).

Di Indonesia, jumlah pasien thalassemia per 2019 adalah 10.555 pasien. Setiap tahunnya, kurang lebih ada 2.500 bayi lahir dengan kondisi thalasemia mayor atau berat.

Bunda perlu tahu, thalassemia bukan penyakit menular ya. Penyakit ini diturunkan lewat gen dari kedu orang tua.

Sebagai contoh, bila ayah dan ibu adalah pembawa sifat (carrier) thalassemia, penyakit ini bisa saja diturunkan pada anak-anaknya. Bila keduanya memiliki empat anak, kemungkinan 25 persen anaknya lahir normal, 50 persen menjadi carrier, dan 25 persen anak memiliki thalassemia.

"Tapi ini probabilitas, satu keluarga bisa punya anak yang sakit thalassemia, bisa juga semuanya normal atau sehat," ujar Lia.

Dampak Thalassemia

Dari segi medis, thalassemia bisa merubah bentuk wajah, membuat tulang keropos, dan membuat anak stunting. pada wanita, kondisi ini bisa membuatnya sulit hamil lho, Bunda,

"Kelenjar endokrin bisa ditutupi besi karena transfusi, sehingga wanita tidak bisa menstruasi," ucap Lia.

Dampak lainnya bisa memengaruhi psikologis. Perubahan bentuk wajah dan tubuh bisa membuat anak dengan thalassemia dijauhi teman sebaya. Saat dewasa nanti, mereka juga sulit mendapatkan pekerjaan karena kondisinya ini.

Lalu apa gejala thalassemia dan bagaimana mencegahnya?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga tips mengatasi anak kejang karena demam, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Cara Mencegah Thalassemia, Kelainan Darah yang Tak Bisa Disembuhkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi