sign up SIGN UP search


parenting

Alasan Vaksin Rotavirus Harus Diberikan Sesuai Jadwal & Tak Bisa Disusulkan

Annisa Karnesyia Rabu, 06 Jan 2021 14:53 WIB
Pemberian Vaksin Rotavirus Harus Sesuai Jadwal
Imunisasi Anak caption

Pemberian vaksin rotavirus harus sesuai jadwal

Dalam jadwal imunisasi anak IDAI 2020, pemberian vaksin rotavirus dibagi dua, yakni vaksin rotavirus monovalen dan pentavalen. Vaksin rotavirus monovalen diberikan 2 kali, dosis pertama mulai umur 6 minggu, dosis kedua dengan internal minimal 4 minggu, harus selesai pada umur 24 minggu.

Sedangkan, vaksin rotavirus pentavalen diberikan 3 kali, dosis pertama 6-12 minggu, dosis kedua, dan ketiga dengan interval 4 sampai 10 minggu, harus selesai pada umur 32 minggu. Perlu Bunda tahu, pemberian vaksin rotavirus pada anak tidak boleh telat atau harus sesuai jadwal.

"Spesial untuk rotavirus, jadwalnya tidak boleh telat. Dosis pertama diberikan sejak usia 6 sampai 12 minggu. Kalau anaknya keburu umur 4 atau 5 bulan, tidak bisa diberikan dosis berikutnya karena sudah terlewat," kata Dila.


Pemberian vaksin rotavirus yang melewati jadwal imunisasi bisa berisiko pada kesehatan anak, Bunda. Si kecil bisa terkena intususepsi atau perlengketan di usus lho.

"Tujuan akhir dari vaksin ini adalah ke sistem pencernaan anak. Ada beberapa laporan kejadian, jika diberikan di atas 12 minggu angka intususepsi itu meningkat," ujar Dila.

"Intususepsi itu perlengketan di usus dan kalau sudah terjadi harus dioperasi. Untuk mencegah risiko itu, lebih baik (vaksin) tidak usah diberikan jika terlewat," sambungnya.

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi