sign up SIGN UP search


parenting

Kualitas Pelayanan Kesehatan Erat Kaitannya dengan Tumbuh Kembang Anak, Lho

Asri Ediyati Selasa, 12 Jan 2021 17:37 WIB
Ilustrasi kedekatan anak dan ibu tirinya caption
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, membuat pemerintah, penyelenggara kesehatan, hingga publik hanya berfokus pada penyakit dari virus tersebut. Menurut dokter kesehatan masyarakat dan direktur Roche Indonesia Dr.Ait-Allah Mejri, pemerintah dan para penyelenggara fasilitas kesehatan seharusnya tidak boleh lalai.

Mejri mengatakan ada isu besar lainnya seperti penyakit lain yang tidak bisa diabaikan. "Meski sedang pandemi COVID-19, pemerintah dan para penyelenggara fasilitas kesehatan tak boleh lalai dengan isu besar, penyakit lainnya," ujar Mejri,

"Entah itu penyakit menular lainnya, atau penyakit tidak menular seperti kanker, sistemik, dan transplan," katanya di Diskusi Publik 3 Reformasi Fundamental Sistem Kesehatan Nasional: Suara Publik, baru-baru ini via Zoom.


Kata Mejri, dengan melihat kondisi yang seperti sekarang ini. Mau tidak mau, semua pihak menerima serta mengatasi kenyataan pada pelayanan kesehatan yang bisa dibilang tidak berkelanjutan ini.

"Jika kita bekerjasama dalam sistem perawatan kesehatan yang lebih tangguh, dan pencegahan wabah yang lebih efektif maka tidak ada masalah ekonomi," ujar Mejri.

Terlepas dari masalah tersebut, salah satu perhatian kita semua, terutama para orang tua adalah kesehatan anak. Ya, Komisioner KPAI bidang Pengasuhan Rita Pranawati mengatakan kualitas pelayanan kesehatan erat kaitannya dengan tumbuh kembang anak.

Rita Pranawati mengatakan bahwa negara harusnya memang hadir untuk menyelenggarakan kesehatan, agar anak bisa memperoleh derajat kesehatan yang optimal sejak dalam kandungan.

"Praktik yang ada, outcome yang ada adalah isu stunting yang hari ini masih ada dan ini tentu sangat berurusan dengan pelayanan dasar," ujar Rita di kesempatan yang sama.

"Kita juga tahu angka kematian bayi dan balita juga masih tinggi, SDGs (sustainable development goals) tidak tercapai adalah cerminan dari bentuk pelayanan dasar yang belum optimal, meskipun juga ada unsur kebiasaan hidup sehat dan bersih yang belum optimal," kata Rita.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga ulasan dokter soal mempersiapkan diri ketika ingin memiliki anak:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dr.Tirta vs Melly GoeslawFoto: Mia Kurnia Sari



(aci/som)
Pelayanan kesehatan anak sebagai modal dasar
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi