sign up SIGN UP search


parenting

Cara Bunda Usir Lelah Usai Begadang Temani Anak Susah Tidur

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 28 Jan 2021 19:34 WIB
mother and child daughter reading book in bed before going to sleep caption

Saat balita berjuang melawan night terror atau Bunda baru melahirkan bayi pastinya berpengaruh ke waktu tidur yang berkurang. Rasanya secangkir kopi hingga tidur siang sekalipun tak cukup mengusir rasa lelah usai begadang. Adakah cara yang ampuh untuk mengusir rasa lelah usai begadang?

Bunda mungkin sudah mencoba semua tips. Tetapi anak-anak masih terbangun tengah malam dan susah tidur. Sementara Bunda masih kelelahan hingga merasa sangat frustrasi. Menurut Lauren Hartz, LPC, psikoterapis di Pennsylvania, tidur itu adalah kebutuhan dasar manusia.

Namun, kita sering mengabaikan manfaat signifikan dari tidur. Hal itulah yang membuat kita begadang sambil melihat-lihat feed media sosial. Terapis yang berbasis di LA Sharon Yu, LMFT, menyarankan kita untuk merefleksikan bagaimana kurang tidur benar-benar memengaruhi diri kita.


"Ini memengaruhi fokus Anda, kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan anak-anak Anda, dan toleransi serta ketahanan Anda sepanjang hari,” kata Yu.  

Secara kumulatif, kata Yu, kurang tidur sedikitnya dapat menghilangkan motivasi, koneksi dengan diri sendiri dan orang lain, dan keseluruhan kemampuan untuk menikmati hari ke hari.

Meskipun ini terdengar menyedihkan, ada sisi baiknya: menyadari pentingnya tidur membuat Bunda memprioritaskannya, yang membantu melepaskan tugas dan aktivitas yang kurang penting.

"Jadi tutup mata Anda sedikit lebih awal kapan pun Anda bisa," ujar Yu dikutip Healthline.

Sebenarnya, untuk mendongkrak energi di pagi hari tidak membutuhkan strategi yang rumit. Tindakan sederhana dapat membantu Bunda tetap hadir dengan anak-anak, menyelesaikan berbagai hal, dan merasa nyaman. Begini caranya, Bunda:

1. Perhatikan kebutuhan dasar

Tetap terhidrasi dan mengonsumsi makanan bergizi yang cukup sehingga dapat memicu energi. Sebab, dehidrasi dan perut kosong dapat memicu kelelahan.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah memenuhi kebutuhan Bunda yang paling penting. Kalau Bunda cenderung lupa makan atau minum air, setel alarm pengingat di ponsel.

2. Isi energi

Kurang tidur bisa menguras energi Bunda. Oleh karena itu, pikirkan cara-cara kecil untuk mengisi energi kembali. Bunda dapat menari mengikuti irama musik yang disukai atau mengoleskan minyak esensial peppermint ke telinga dan pelipis. Bunda juga dapat mengirim pesan kepada sahabat atau sekadar menutup mata sebentar.

3. Evaluasi kembali hari-hari

Bunda bisa memikirkan tentang apa yang bisa Bunda lakukan untuk membuat hari-hari berjalan lebih mudah. Pertimbangkan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

-Apa yang mutlak harus dilakukan hari ini? 

-Apa ada opsionalnya? 

-Apa yang bisa Anda delegasikan? 

Simak juga cara jitu mengatasi anak susah tidur dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner nama anak Asmirandah



Hirup udara segar
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!