sign up SIGN UP search


parenting

Apakah MPASI Instan Aman Dikonsumsi Bayi? Simak Jawabannya di Sini, Bun

Tim HaiBunda Jumat, 29 Jan 2021 14:30 WIB
Ilustrasi MPASI caption
Jakarta -

Begitu Si Kecil menginjak usia 6 bulan, Bunda sudah bisa memberikan makanan pendamping selain ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi yang juga dikenal dengan istilah MPASI. Dengan asupan gizi ini, pertumbuhan Si Kecil dapat terjaga agar selalu sehat dan optimal.

Dan, seiring dengan berkembangnya teknologi, Bunda bahkan sudah tak perlu lagi harus selalu repot merencanakan dan menyiapkan MPASI. Pasalnya, sudah ada MPASI instan yang dijual bebas di pasaran dalam berbagai bentuk atau tekstur, seperti puree atau bubuk.

Akan tetapi, adakah keraguan muncul di hati Bunda mengenai keamanan produk MPASI instan ini?


MPASI Instan Tetap Aman Dikonsumsi

Segala sesuatu yang memiliki embel-embel 'instan' saat ini memang sering kali dianggap sebagai sesuatu yang tidak baik, termasuk dalam hal makanan. Pasalnya, makanan instan memang diketahui akan adanya kandungan bahan pengawet yang tinggi, yang pastinya tidak baik untuk dikonsumsi, apalagi bagi bayi.

Keraguan yang sama pun dirasakan oleh para Bunda ketika membicarakan soal MPASI instan. Karena memandangnya sebagai 'makanan instan', Bunda biasanya ragu kalau kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya memang benar-benar asli dan bahan yang digunakan adalah bahan alami?

Produk MPASI instan ternyata emang diproduksi dengan mengacu pada standar khusus yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Standar ketentuan tersebut mencakup kebersihan (higienitas), kandungan nutrisi, serta keamanannya. Meskipun ada kandungan bahan pengawet di dalamnya, bahan tersebut adalah jenis yang aman untuk dikonsumsi bayi sekalipun.

Karena kebersihannya sudah terjamin sesuai standar, produk MPASI instan erjamin steril. Dari segi kandungan, MPASI instan juga mengandung beragam jenis makro dan mikronutrien yang jumlah dan jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi buah hati.

sayur sop or vegetable with chicken soup indonesian culinaryIlustrasi MPASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Tambahan lainnya adalah MPASI instan di pasaran pun banyak yang sudah difortifikasi pula dengan beragam zat penting. Misalnya vitamin, mineral, omega-3, dan DHA.

Tips Memilih Produk MPASI Instan yang Aman

Nah, agar Bunda lebih tenang dan plong ketika akan memberikan produk MPASI instan bagi Si Kecil, silakan ikuti beberapa tips ini demi memastikan bahwa MPASI yang diberikan tetap bermanfaat dan bernutrisi:


Simak juga cara memilih ikan pengganti salmon untuk MPASI dalam video berikut ya, Bun:
 Pilih produsen atau merek yang sudah terkenal dan terpercaya.

 Cek kondisi segel kemasan makanan dan tanggal kedaluwarsanya.

 Cek dan cermati bahan-bahan yang digunakan untuk memastikan bahwa Si Kecil tetap mendapatkan beragam variasi makanan, misalnya tepung, buah, dan sayur.

 Cek kadar garam yang terkandung dalam kemasan, karena makanan instan apapun tak pernah bebas garam. Biasanya, garam ditulis sebagai 'sodium' atau 'natrium' pada kemasan makanan. Selain itu, cek juga kadar gula serta zat-zat lain yang difortifikasi di dalam produk MPASI instan tersebut. (PK)

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Deva Rachman



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi