sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Mengenalkan Jenis Makanan Baru pada Anak, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Feb 2021 16:31 WIB
Cara Mengenalkan Jenis Makanan Baru pada Anak
Displeased girl refusing to eat cherry tomato while her mother is feeding her. caption

3. Jadikan waktu makan sebagai kebiasaan

Kita harus bersabar dalam mengenalkan jenis makanan baru pada anak. Sangat normal bagi si kecil untuk menolak makanan saat pertama ditawarkan.

Bunda sebaiknya membuatĀ jadwal makan anak untuk mengubahnya menjadi kebiasaan dan kebutuhannya. Cara ini dapat membuat si kecil mau makan tanpa harus dipaksa.

4. Kreatif saat menyajikan makanan

Orang tua dituntut untuk menjadi kreatif saat mengenalkan jenis makanan baru pada anak. Salah satu makanan yang bisa dikreasikan adalah sayuran.


Kita bisa sembunyikan sayuran di dalam menu makanan favorit anak lho, Bunda. Saat si kecil makan, tanpa disadari mereka sudah mengenal jenis makanan baru.

5. Buat waktu makan menyenangkan

Waktu yang tepat sangat penting dalam mengenalkan jenis makanan baru. Makanan harus diberikan saat mereka tidak terlalu lapar atau setelah cukup istirahat ya.

Waktu paling baik yakni saat makan bersama keluarga. Selain lebih bersemangat, anak mudah diajak kerja sama saat dikenalkan makanan baru.

6. Biarkan anak sedikit merasa lapar

Balita yang sudah kenyang umumnya tidak termotivasi untuk mencoba sesuatu yang baru. Jika si kecil rewel dan menolak makan, Bunda bisa melewatkan jadwal makan camilan di siang hari.

Berikan waktu pada mereka untuk menjadi lapar. Dalam kondisi ini biasanya anak tidak akan pilih-pilih makanan atau picky eater.

7. Jangan pernah menyerah

Kesabaran orang tua adalah kunci utama dalam mengenalkan makanan baru pada anaknya. Bunda perlu tahu, beberapa anak mungkin akan menolak satu jenis makanan selama berkali-kali.

Kita tak perlu memaksa, namun jangan menyerah untuk terus mencoba. Coba tawarkan buah dan sayuran dan taruh di atas meja makan. Pada akhirnya, mereka bisa terbiasa dan mau memakannya.

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi