sign up SIGN UP search


parenting

Anak Sering Makan Gula dan Berlemak, Ini Dampaknya pada Kesehatan Usus

Annisa Karnesyia Senin, 22 Mar 2021 19:48 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Kebiasaan makan makanan bergizi sebaiknya dimulai sejak kecil. Kebiasaan ini termasuk membatasi anak makan gula dan berlemak ya, Bunda.

Peneliti dari University of California-Riverside mengatakan bahwa makan terlalu banyak lemak dan gula dapat mengubah mikrobioma seseorang secara permanen. Kondisi ini dapat berpengaruh pada kesehatan usus jangka panjang.

"Kami mempelajari ini pada tikus, tetapi efek yang kami amati setara dengan anak-anak yang menjalani diet Barat, tinggi lemak, dan gula. Efek ini berpengaruh pada mikrobioma usus hingga enam tahun setelah masa pubertas," kata ahli fisiologis Theodore Garland, dikutip dari Study Finds.


banner resep tahu

Mikrobioma adalah jumlah total semua bakteri, jamur, parasit, dan virus yang hidup di dalam tubuh manusia. Sebagian besar organisme hidup di usus dan bermanfaat untuk kesehatan manusia. Mikrobioma baik ini dapat merangsang sistem kekebalan, membantu memecah makanan, dan mensintesis vitamin.

Pada orang yang sehat, ada keseimbangan antara bakteri baik dan jahat. Ketika pola makan terganggu, maka keseimbangan akan goyah dan tubuh gampang terserang penyakit. Tahukah Bunda? olahraga sekalipun tidak dapat memulihkan kesehatan usus yang bermasalah ini lho.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Experimental Biology ini juga mengungkapkan bahwa dampak mengonsumsi lemak dan gula berlebih memiliki efek jangka panjang pada masa depan anak, dibandingkan olahraga.

Garland dan peneliti lainnya berharap untuk mengulangi percobaan dan mengukur kapan perubahan mikrobioma ini pertama kali muncul. Mereka juga ingin melihat apakah gula dan lemak dapat terus mengubah kesehatan usus ke fase kehidupan selanjutnya.

"Kamu bukan hanya tentang apa yang kamu makan, tapi apa yang kamu makan saat kecil," ujar Garland.

Selain makanan berlemak, konsumsi gula memang perlu diperhatikan dalam menu makan kebutuhan nutrisi anak sehari-hari ya, Bunda. Lalu bagaimana cara menghindari konsumsi gula berlebih?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga penyebab dan tips mengatasi anak GTM, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENCEGAH KONSUMSI GULA BERLEBIH PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi