sign up SIGN UP search


parenting

Amandel Bengkak, Haruskah Dioperasi?

Melly Febrida Sabtu, 27 Mar 2021 18:21 WIB
ilustrasi anak sakit tenggorokan caption

Penyakit amandel bukan lagi sesuatu yang asing di lingkungan Bunda. Penyakit ini lazim dimiliki orang dengan berbagai usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Seperti disampaikan Karen Gill, M.D., ahli pediatri, amandel adalah massa jaringan lunak berbentuk oval yang terletak di setiap sisi tenggorokan. Amandel adalah bagian dari sistem limfatik.

"Sistem limfatik membantu Anda menghindari penyakit dan infeksi. Tugas amandel Anda adalah melawan virus dan bakteri yang masuk ke mulut Anda," kata Gill dikutip Health Line

Amandel dapat terinfeksi oleh virus dan bakteri sehingga membengkak. Amandel yang bengkak dikenal sebagai tonsilitis. Sekitar 15 hingga 30 persen dari semua kasus tonsilitis disebabkan bakteri.

Lebih lanjut, jika amandelnya membengkak secara kronis, itu dikenal sebagai hipertrofi tonsil, dan dapat disebabkan kondisi mendasar dalam jangka panjang.

Banner Susuk Suami


Sementara virus yang menyebabkan amandel membengkak, antara lain;

1. Adenovirus yang menyebabkan flu biasa, sakit tenggorokan, dan bronkitis

2. Virus Epstein-Barr (EBV) yang menyebabkan mononukleosis, yang kadang-kadang disebut sebagai "penyakit berciuman" karena menyebar melalui air liur yang terinfeksi.


3. Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Virus ini juga disebut sebagai herpes mulut yang menyebabkan lepuh pecah-pecah dan kasar pada amandel.

4. Sitomegalovirus (CMV, HHV-5). CMV adalah virus herpes yang biasanya tetap tidak aktif di dalam tubuh. Ini dapat muncul pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah dan pada wanita hamil.

5. Virus campak (rubeola). Virus yang sangat menular ini mempengaruhi sistem pernapasan melalui air liur dan lendir yang terinfeksi.

"Amandel yang membengkak juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis bakteri. Jenis bakteri paling umum menyebabkan amandel bengkak adalah Streptococcus pyogenes (grup A streptococcus). Ini adalah bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan," ujar Gill.

Apabila amandel yang membengkak disebabkan infeksi bakteri seperti strep, kata Gill, memerlukan antibiotik untuk melawannya. Strep yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi, termasuk meningitis, radang paru-paru, demam rematik, otitis media (infeksi telinga tengah).

Selain amandel, diare juga umum ditemukan di sekitar ya Bun. Jangan sepelekan, lho. Simak tipsnya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



OPERASI PENGANGKATAN AMANDEL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi