sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Komorbid COVID-19 pada Anak, Penyakit Diare hingga Masalah Gizi

Annisa Karnesyia Sabtu, 27 Mar 2021 17:13 WIB
Anak sakit demam caption
Jakarta -

Menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh anak penting selama masa pandemi COVID-19 ini. Dengan pola makan yang sehat, Bunda bisa menjaga saluran cerna Si Kecil ya.

Menurut Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H., masalah saluran cerna pada anak juga bisa menjadi komorbid COVID-19. Salah satunya adalah penyakit diare yang ditemukan pada anak Indonesia.

"Di Indonesia, komorbid atau penyebab gampang tertular dan perburukan pada anak ada kekhasan dibandingkan negara-negara lain, misalnya pneumonia, demam berdarah, gangguan gizi dan diare," kata Daeng, dalam press conference Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi bersama Morinaga Chil Go, via Zoom, Kamis (25/3/21).


Banner Susuk Suami

Strategi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan mencegah penyakit-penyakit ini sebetulnya gampang kok, Bunda. Kita hanya perlu memilih makanan sehat untuk menjaga saluran cerna.

"Kita betul-betul harus memilih makanan yang sehat agar anak tidak gampang diare dan mendapatkan asupan gizi baik. Kalau ini didorong daya tahan tubuh anak baik, maka mereka tidak gampang tertular, kalau tertular pun tubuhnya bisa melawan," ujar Daeng.

Penelitian membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran cerna. Saluran cerna yang baik bisa membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dengan baik juga.

Dalam kesempatan ini, Head of Medical KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengatakan bahwa saluran cerna merupakan otak kedua manusia. Saluran pencernaan penting karena ukuran dan fungsinya sangat besar. Sekitar 70 persen daya tahan tubuh ada di saluran cerna.

Panjang saluran cerna bisa mencapai panjang tujuh meter, Bunda. Selain itu, di saluran cerna juga banyak sekali terdapat saraf.

"Saluran cerna sangat menentukan kesehatan seorang anak. Saat anak makan, tentunya makanan dan minuman yang dikonsumsi masuk saluran cerna. Kalau tidak baik, kondisinya penyerapan nutrisi jadi tidak baik. Kesehatan saluran cerna ini dipengaruhi mikroflora serta makronutrisi dan mikronutrisi," ujar Muliaman.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan saluran cerna dengan memilih makanan sehat? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga penjelasan dokter tentang nutrisi anak susah makan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENTINGNYA PENUHI NUTRISI ANAK SELAMA PANDEMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi