sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Anak Alergi Susu Sapi Bisa Kekurangan Zat Besi? Ini Kata Pakar

Annisa Karnesyia Kamis, 01 Apr 2021 07:07 WIB
NUTRISI ANAK ALERGI SUSU SAPI
Susu Anak caption

Alergi dapat mengakibatkan peradangan atau inflamasi yang menyebabkan luka di saluran cerna. Akibatnya, anak-anak pun bisa mengalami diare dan tinja yang berdarah.

"Berarti ada darah yang keluar dan mengandung zat besi, karena ini risikonya nanti bisa timbul defisiensi zat besi. Peradangan di saluran cerna juga menyebabkan penyerapan zat gizi berkurang, sehingga dibutuhkan asupan zat besi tambahan," ujar Budi.

Masalah alergi susu sapi pada anak bisa diatasi dengan pemberian nutrisi pengganti, Bunda. Selain ASI, susu soya bisa menjadi alternatif nutrisi pengganti. Namun, apakah susu kedelai bisa memenuhi asupan zat besi anak?


Bila mengganti dengan asupan dari ASI, Bunda perlu menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein susu sapi ya.

Sementara, jika ASI tidak bisa diberikan karena kondisi medis tertentu, maka Bunda bisa menggantinya dengan formula sesuai gejala alergi anak. Bila gejala ringan-sedang, berikan anak formula protein terhidrolisa ekstensif atau susu soya. Bila gejala berat, anak mungkin perlu mengonsumsi formula asam amino.

"Bunda dengan kondisi anak yang tidak cocok susu sapi tidak perlu khawatir dalam pemenuhan nutrisinya. Sesuai anjuran tenaga kesehatan atau dokter terdapat beberapa pilihan pengganti protein susu sapi seperti ASI dan protein terhidrolisa ekstensif atau asam amino. Namun, jika terdapat kendala dalam memperoleh alternatif tersebut dapat diberikan isolat protein soya sesuai dengan anjuran dan edukasi dari Dokter," kata Budi.

(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi