sign up SIGN UP search


parenting

Penting Nih Bun! Sumber Asam Amino Esensial untuk Cageh Anak Stunting

Annisa Karnesyia Minggu, 18 Apr 2021 13:20 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Makanan yang tepat dapat mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil, Bunda. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan asam amino esensial di protein hewani.

Menurut Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), kandungan 9 asam amino esensial (AAE) dapat mendukung perkembangan otak. Ini nantinya dapat menjadi modal kesehatan anak di masa depan.

"Kandungan 9 asam amino esensial berperan besar dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak, termasuk dalam kondisi malnutrisi. Jika anak kurang mendapat asupan asam amino lengkap di masa emas pertumbuhannya, maka pembentukan otaknya pun bisa tidak maksimal," kata Damayanti, dalam acara Media Scientific Session dan Frisian Flag Primagro Launch via Zoom, Kamis (16/4/21).


Bunda bisa memberikan makanan yang mengandung asam amino esensial dari protein hewani dan nabati. Dalam 1.000 hari kehidupan anak, protein dibutuhkan untuk membuat sinaps-sinaps di otak.

Sinaps merupakan jaringan saraf di otak yang berperan untuk kecerdasan, mendengar, dan proses berhitung. Sinaps memerlukan banyak energi dari protein untuk bisa bekerja dengan baik.

Pilihan kandungan protein hewani dan nabati memang mengandung asam amino esensial. Tapi, kandungan paling banyak ditemukan dalam protein hewani.

Berbagai studi menunjukkan bahwa protein hewani menjadi sumber asam amino yang lebih baik dari protein nabati. Sebab, jenis asam amino di protein hewani lebih lengkap, yakni ada sembilan. Sementara, protein nabati memiliki limiting amino acids atau hilangnya salah satu kandungan dari 9 asam amino esensial.

"Hal tersebut menjadi penting karena kekurangan satu jenis asam amino dapat menurunkan kinerja hormon pertumbuhan hingga 34 persen, dan angkanya akan meningkat sampai 50 persen bila tubuh sama sekali tidak mendapatkan asam amino esensial secara lengkap baik dalam hal jenis dan jumlahnya," ujar Damayanti,

"Sumber protein hewani dan 9 asam amino esensial yang terbaik berdasarkan nilai bioavailabilitasnya adalah susu, telur, ikan, ayam dan daging," sambungnya.

Tumbuh kembang optimal dan konsumsi protein hewani kerap dikaitkan pada angka kejadian stunting di Indonesia. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga nutrisi tepat untuk anak susah makan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PROTEIN HEWANI CEGAH STUNTING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi