sign up SIGN UP search


parenting

Perkembangan Bayi 1 Bulan, Sudah Bisa Tersenyum Bun

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 28 Apr 2021 16:31 WIB
Mother with her newborn baby. Mother is holding her little baby girl.  Photo with the effect of sunlight, soft natural light, with selective focus. caption

Kelahiran buah hati selalu menjadi momen menakjubkan untuk dilewati. Di tengah kelelahan yang mendera, melihat tumbuh kembang buah hati dari fase ke fase sangatlah membahagiakan.

Ya, dari mulai bayi baru lahir yang tidak berdaya hingga tumbuh aktif menjadi transformasi yang luar biasa ya, Bunda. Mereka berkembang dengan sangat cepat setiap bulannya. Bahkan, bulan pertama kelahiran mereka sudah menunjukkan banyak perkembangan yang menggemaskan.

Bunda mungkin sering bertanya-tanya, apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana cara mengetahui perkembangan buah hati sesuai target. Tetapi, ketimbang dipusingkan dengan pertanyaan tersebut, Bunda sebaiknya fokus pada pencapaian perkembangan yang dilewati buah hati.


Apalagi, semua bayi berkembang dengan kecepatannya masing-masing. Sehingga, Bunda perlu berkecil hati saat kemampuan Si Kecil berbeda dengan anak-anak seumurannya.

"Jika bayi mencapai satu tonggak perkembangan lebih cepat, kemungkinan mereka akan mencapai perkembangan lainnya nanti. Karena mereka sibuk menyempurnakan keterampilan lainnya," ujar Jennifer Shu, MD, dokter anak dan penulis Heading Home with Your Newborn, seperti dikutip dari laman WebMd.

Nah, untuk mendukung tumbuh kembangnya secara maksimal, Bunda bisa memberikan stimulasi yang tepat agar pertumbuhannya bisa berjalan sesuai milestone bayi.

Pada usia perkembangan satu bulan, bayi biasanya sudah bisa tersenyum. Awalnya, senyum tersebut untuk diri mereka sendiri. Namun, dalam waktu tiga bulan, mereka akan tersenyum sebagai bentuk respons dari senyuman Bunda dan mencoba membuat Bunda balas tersenyum.

Melansir dari Raising Children, perkembangan bayi 1 bulan biasanya sebagian besar dari mereka lebih sering menangis dan rewel. Ini menjadi bagian khas dari perkembangan dan akan berlalu seiring berjalannya waktu. Biasanya, puncaknya sekira 6-8 minggu dan mulai menetap 12-16 minggu.

Untuk melihat perkembangan lain, klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda juga bisa menyimak video di bawah ini untuk melihat perkembangan jara pandang bayi 0-12 bulan. Klik videonya!

[Gambas:Video Haibunda]



PERKEMBANGAN BAYI 1 BULAN YANG MENAKJUBKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi