sign up SIGN UP search


parenting

4 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Perhatikan Porsi hingga Jam Tidur

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 01 May 2021 14:33 WIB
Asian child does not like to eat vegetables and refuse to eat healthy vegetables caption

Sangat umum bagi anak-anak untuk sedikit pilih-pilih apa yang mereka makan. Seringkali, beberapa makanan seperti sayuran memang lebih sulit mereka makan.

Sekali dua kali hal tersebut terjadi mungkin menjadi hal yang biasa ya, Bunda. Tetapi kalau ujung-ujungnya anak jadi tidak mau makan, tentu stres pun sulit dihindari. Bunda pun pasti khawatir kalau nutrisi mereka tak terpenuhi, pasti akan mengganggu tumbuh kembangnya.

"Pilih-pilih makan mulai menjadi masalah serius ketika anak-anak kekurangan gizi atau makan sangat sedikit sehingga membatasi asupannya. Kami biasanya mulai melihat anak-anak yang kesulitan makan dengan pilih-pilih ketika mereka berusia 7 atau 8 tahun," ujar Jerry Bubrick, PhD, seorang psikolog klinis seperti dikutip dari laman Childmind.


Bubrick menambahkan, saat itulah orangtua mulai menyadari karena awalnya anak-anak tidak mengalami gangguan makan tetapi kemudian tidak mau makan apa pun dan hal tersebut akan mempengaruhi kualitas hidupnya. 

"Semakin lama seorang anak menjadi sangat pemilih maka semakin sulit bagi mereka untuk mencoba makanan baru," tambahnya.

Pilih-pilih makanan mungkin mencapai tingkat klinis karena sejumlah alasan berbeda. Beberapa anak memiliki indera penciuman yang lebih tinggi yang membuat mereka merasakan sesuatu lebih kuat daripada kebanyakan orang.

Hal lainnya yang menyebabkan mereka susah makan karena bermasalah dengan kecemasan. Apa pun alasannya, semakin lama seorang anak menjadi sulit makan, semakin sulit baginya untuk mencoba makanan baru. 

Langkah pertama untuk mengatasinya yakni dengan memahami lebih banyak tentang preferensi atau ketakutan mereka. Beberapa anak menghindari makanan tertentu karena mereka menunda teksturnya atau takut mencoba sesuatu yang baru. 

Bubrick menyarankan, mulailah dengan membuat daftar makanan yang ingin dicoba oleh anak dan kemudian daftar lain tentang hal-hal yang menurut Bunda harus dicoba si anak.

Kemudian, anak-anak dapat memulai terapi eksposur yang artinya anak-anak mulai menangani makanan yang selama ini mereka hindari dengan cara terapeutik yang terkontrol.

Biarkan anak-anak beradaptasi dengan rasa baru makanan yang tidak mereka sukai. Ini tentu membutuhkan waktu yang tak sebentar. Bunda hanya perlu mencobanya berkali-kali hingga akhirnya dapat berinteraksi dengan baik terhadap makanan apa pun.

Informasi lebih lanjut, klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Ketahui juga yuk faktor apa saja yang memengaruhi anak susah makan seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



4 SIASATI ANAK SUSAH MAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi