sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Lakukan Ini Saat Si Kecil Mengalami Ruam Popok

Rahmi Sarifa Kamis, 11 Mar 2021 20:45 WIB
Ruam popok tentunya adalah sesuatu yang harus dicegah karena kulit Si Kecil sangat halus dan rentan dan tidak mencapai tahap pertama kematangan hingga usia 2 th caption

Kulit bayi yang lembut biasanya masih cenderung sensitif, terutama di beberapa bulan pertamanya. Butuh ketelatenan dalam merawat serta perhatian penuh dari Bunda agar ia tidak mengalami ruam popok yang tentu akan membuatnya tak nyaman.

Saat Bunda pertama kali menemukan bercak merah seperti iritasi di panty-line Si Kecil, Bunda pasti akan sedikit khawatir. Untuk meminimalisir masalah ini, seperti dilansir dari perenting.firstcry, yuk Bunda simak cara mengidentifikasi, mencegah, dan mengobati ruam popok sehingga Si Kecil bisa terbebas dari masalah ini.

Tanda dan gejala ruam popok

Ruam popok dapat terjadi akibat kombinasi keadaan kulit terkena tinja dan urin dalam kurun waktu lama, kulit Si Kecil yang sangat sensitif, dan ukuran popok yang tidak sesuai atau bahan yang kurang nyaman. Kulit yang ruam biasanya kulit akan terasa sedikit hangat dan bengkak ketika Bunda menyentuhnya.


Ruam popok bisa ringan dengan beberapa bintik merah berduri di area kecil atau parah dengan benjolan merah lembut yang menyebar ke perut atau paha Si Kecil. Ruam popok biasanya membuat Si Kecil mudah rewel, bahkan sampai bisa membuatnya kehilangan nafsu makan.

Banner Bunda Tajir

Cara Mencegah Ruam Popok

Memilih popok yang pas

Pas yang dimaksud di sini adalah dari segi ukuran maupun bahan. Ketika Bunda hendak membeli popok, pilihlah yang berbahan lembut dan cocok untuk kulit sensitif Si Kecil. Kemudian pilih juga model yang memiliki daya serap tinggi, serta memiliki siklus udara yang baik untuk jaga kulit Si Kecil bebas lembap. Ini yang membuat kulit Si Kecil tetap kering dan sehat.

Lanjut baca halaman selanjutnya, Bun!

Perlu referensi popok untuk Si Kecil, Bun? Simak dalam video berikut ya:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENCEGAH RUAM POPOK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!