sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips agar Terhindari dari Perbuatan Orang Tua yang Melukai Anak

Melly Febrida Jumat, 11 Dec 2020 13:51 WIB
Portrait of a mother scolding to her baby daughter sitting on the floor in the living room at home caption

Sebagai orang tua tanpa kita sadari, ada beberapa ucapan dan perbuatan yang ternyata melukai hati anak-anak. Perasaan selalu benar yang Bunda dan Ayah yakini, bisa membuat anak-anak merasa sakit hati lho.

Misalnya bagaimana kita membuat aturan, bersikap antara anak yang satu dengan yang lain, atau paling sering ketika Bunda marah dan tidak bisa mengontrol emosi. Memang bukan fisik anak yang sakit, melainkan emosionalnya.

Bahkan, sering tidak disadari perilaku orang tua yang suka mencibir si Kecil, meski kelihatannya sepele itu juga bisa melukai anak.


"Sedikit cibiran yang tampak sepele dapat berkembang menjadi gunung kemarahan atau rasa sakit hati," kata Psikolog Lynne Kenney dalam 50 Panduan Mengasuh Anak yang Sulit Diatur.

Ketika menghadapi anak yang terluka perasaannya, kata Kenney, orang tua bisa mengubah situasi yang membingungkan ini menjadi suatu yang mendidik dengan sentuhan eksplorasi dan komunikasi.

Dan apabila salah satu anggota keluarga marah-marah, lanjut Kenney, cobalah mencari tahu semua pengalaman sakit hati dan kekecewaan yang bertumpuk selama seminggu hingga mengakibatkan ledakan tersebut.



"Tentu saja, Anda harus memastikan semua orang sudah tenang dan mampu berpikir tentang semua hal kecil yang turut andil dalam ledakan tersebut.

Selain itu, ada perbuatan orang tua lainnya yang menyakiti anak.  Yakni mencoba membuat anak bahagia sepanjang waktu. Ini terdengar seperti misi yang berharga ya Bunda, tetapi Tovah Klein, PhD, direktur Barnard College Center for Toddler Development dan penulis How Toddlers Thrive, mengatakan kepada INSIDER bahwa hal itu dapat melukai anak dalam jangka panjang.  

Menurut Klein, biarkan anak-anak mengatasi saat-saat kesal mereka, karena itu dapat membantu anak menjadi lebih kuat secara emosional.

 "Ketika anak-anak mengalami stres ringan, mereka belajar untuk mengatasi rintangan, itu membantu membangun ketahanan," kata Klein.

Dikutip First Cry, orang tua tentu akan melakukan segala hal untuk membuat anaknya tetap merasa aman. Tetapi, terkadang situasi bisa sedikit di luar kendali sehingga kemampuan untuk membuat keputusan rasional menghilang.  

Mengapa orang tua melukai anak? Sebenarnya, kebanyakan orang tua itu cinta damai, yang tidak suka dengan kekerasan.  Tetapi setiap orang memiliki 'titik kritis' untuk kemarahan, setelah logika kalah dan kemarahan menang.


Ditambah lagi segala jenis stres, ketidakamanan pekerjaan, kesengsaraan finansial, pernikahan yang bermasalah atau hanya menjalani hari yang buruk. Dan semua hal tersebut dapat dengan mudah membuat orang tua lepas kendali.

Lalu, apa yang seharusnya orang tua lakukan? Baca di halaman selanjutnya yuk untuk melihat 5 perbuatan yang harus orang tua lakukan agar terhindari dari perbuatan menyakiti anak.

Emosi ada kaitannya dengan baby blues juga lho. Nah, simak penjelasannya dalam video di bawah ini yuk mengenai baby blues:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensos



Pukulan Ringan Bisa Menyakiti Anak Seumur Hidupnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi