sign up SIGN UP search


parenting

7 Anak Artis Alami Penyakit Langka, Kelainan Genetik hingga Sindrom Berbahaya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 21:50 WIB
ANAK OKI SETIANA DEWI IDAP PRADER WILLI SYNDROME
Oki Setiana Dewi caption

3. Oki Setiana Dewi

Putra bungsu Oki Setiana Dewi, Sulaiman Ali Abdullah, didiagnosis mengidap prader willi syndrome (PWS). Sulaiman lahir pada 16 November 2020 dengan proses operasi caesar.

Melalui cerita Oki di Instagram, sesaat setelah lahir, Sulaiman masuk NICU karena ada masalah dalam adaptasi pernapasannya. Oki lalu diberitahu bahwa anak bungsunya ini masuk NICU karena Transient Tachypnea of Newborn (TTN) atau gangguan pernapasan pada bayi baru lahir.

Setelah empat bulan, Oki kini mengetahui sakit yang diidap putranya adalah PWS. Dalam beberapa unggahan, Oki kerap membagikan momen Sulaiman yang tengah menjalani terapi.


Menurut, dr. Ilham Utama Surya, Sp.OG, Sindrom Prader-Willi (SPW) adalah kelainan genetik langka yang muncul dalam 1:10.000 persalinan. Pertama kali SPW dijelaskan oleh Andrea Prader, Alexis Labhart dan Heinrich Willi pada tahun 1956.

"SPW merupakan kelainan medis yang mengancam nyawa yang disebabkan hilangnya materi genetik pada kromosom 15. Hal ini mempengaruhi hormon, kekuatan otot, nafsu makan, perilaku, kognisi, dan pembelajaran, regulasi suhu, toleransi nyeri dan pola tidur," ungkap dokter yang praktik di RSCM itu.

4. Dede Sunandar

Anak kedua komedian Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar, didiagnosis mengidap sindrom Williams. Kondisi ini disebut menyebabkan kelainan pada jantung, ginjal, dan pembuluh darah.

"Dia punya sakit yang berbeda dari semua orang. Nama penyakitnya Williams syndrome, jadi kayak jantung, paru-paru, lambung ada masalah. Mau enggak mau harus operasi," kata Dede, saat mengisi acara Okay Bos Trans 7, beberapa waktu lalu.

Dede dan sang istri, Karen Hertatum, mencoba saling menguatkan demi kesembuhan sang putra. Sejak didiagnosis sindrom ini, Ladzan memang telah mendapatkan perawatan, Bunda.

Sindrom Williams adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan berbagai gejala dan masalah belajar. Anak yang mengalami sindrom ini umumnya memiliki fitur wajah seperti dahi lebar, tulang hidung cenderung lebih rata, mulut lebar dengan bibir penuh, dagu kecil, dan masih banyak lainnya.

Artis lain, baca halaman berikutnya.

ANAK ARTIS HOLLYWOOD IDAP SINDROM LANGKA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!