sign up SIGN UP search


parenting

5 Langkah Menurunkan Demam Pada Si Kecil, Perhatikan Bajunya Bun

Nanie Wardhani Selasa, 25 May 2021 11:51 WIB
Sick child, toddler boy lying on the couch in living room with a fever, mom cheching his temperature, resting at home caption

Jakarta - Setiap anak pasti pernah mengalami demam dengan beragam penyebab yang berbeda-beda. Biasanya, yang paling umum adalah demam yang muncul setelah Si Kecil imunisasi. Walau sebenarnya demam sendiri bukan hal yang membahayakan, tapi penyebab demam yang belum diketahui yang bisa jadi hal yang berbahaya bagi Si Kecil.

Lalu jika Si Kecil demam, apa saja sih cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam Si Kecil? Yuk simak lengkapnya berikut ini, seperti dikutip dari Healthline ya, Bunda:

1. Berikan Obat Asetaminofen

Jika usia bayi di atas 3 bulan, Bunda bisa memberikan obat asetaminofen untuk membantu menurunkan demamnya. Biasanya dosis yang diberikan oleh dokter akan bergantung pada berat badan bayi. Namun jika Si Kecil tidak menunjukkan ketidaknyamanan dalam demamnya, Bunda tidak perlu buru-buru memberikan obat ya, Bunda.


2. Sesuaikan Ketebalan Pakaian

Untuk mengurangi panas tubuh Si Kecil, pastikan Si Kecil menggunakan pakaian yang tipis. Jangan terlalu banyak memakaikan baju berlapis atau selimut, karena hal ini akan mengganggu proses penurunan suhu tubuh yang sedang dilakukan oleh tubuh SI Kecil secara alamiah.

3. Turunkan Suhu Ruangan

Jika memungkinkan, pastikan Si Kecil berada di ruangan yang adem dan tidak terlalu panas, agar tubuhnya lebih mudah menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungannya.

Banner Pria Yogyakarta MualafBanner Pria Yogyakarta Mualaf/ Foto: HaiBunda

4. Mandikan Dengan Air Hangat

Salah satu cara menurunkan demam pada anak adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Bahkan akan lebih baik lagi jika Si Kecil mandi dengan air hangat, Bunda. Dengan ini Si Kecil akan lebih cepat menstabilkan suhu tubuhnya. Pastikan jangan mandi atau kompres dengan air dingin ya, Bunda, Karena hal ini justru akan membuat Si Kecil menggigil dan semakin meningkatkan suhu tubuhnya dan demam bisa menjadi lebih parah.

5. Konsumsi Lebih Banyak Air

Cara terakhir untuk menurunkan demam pada anak adalah dengan memberinya lebih banyak air minum. Jika Si Kecil masih ASI eksklusif, maka sering-seringlah menyusui Si Kecil. Namun jika sudah bisa minum selain ASI, maka Bunda bisa menawarkan air putih untuk dikonsumsi Si Kecil agar demamnya bisa cepat turun.

Bunda bisa mencoba beberapa cara menurunkan demam pada anak di atas. Jika segala usaha telah Bunda lakukan dan demam Si Kecil masih tetap tinggi atau bahkan semakin parah, sebaiknya Bunda segera bawa Si Kecil ke dokter.

Sebelum membawanya ke dokter, pastikan dulu apakah suhu badan Si Kecil panas tinggi atau masih dalam batas normal nih.

Lalu bagaimana kah cara mengukur suhu tubuh dengan jenis termometer yang berbeda-beda? Yuk Simak lengkapnya di halaman berikut ini, Bunda.

MENGUKUR SUHU TUBUH DENGAN BERAGAM TERMOMETER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi