sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Mengatasi Anak Pelit, Contohkan dari Kehidupan Sehari-hari Yuk

Annisa Karnesyia Sabtu, 05 Jun 2021 12:01 WIB
Anak pelit caption
Jakarta -

Pelit adalah sifat buruk yang harus dijauhkan dari anak-anak sejak dini. Sifat ini bisa muncul ketika anak bermain atau berinteraksi dengan teman-temannya, Bunda.

Anak yang pelit tidak suka berbagi atau memberikan apa yang dimilikinya untuk orang lain. Mengutip Child Mind, anak-anak memang cenderung memikirkan dirinya sendiri.

Fokus utama mereka adalah memastikan hawa kebutuhannya telah dipenuhi oleh orang-orang di sekitar mereka. Mereka pun akan meminta sesuatu yang diinginkan dan di sini mereka memiliki banyak kesempatan untuk mengasah teknik ini.


Ketika anak sudah tumbuh dewasa, mereka seharusnya tidak lagi memiliki sifat tersebut ya. Anak harusnya bisa mulai responsif dengan kebutuhan orang lain.

Banner Raeni Anak Tukang Becak CumlaudeBanner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Untuk tumbuh menjadi anak yang enggak pelit, peran orang tua sangatlah penting. Orang tua dapat membantu anak mengembangkan rasa murah hati, melalui dorongan dan teladan.

Menurut Nurul Chomaria, S.Psi, anak usia 2 sampai 3 tahun terkadang sulit untuk berbagi. Anak yang memiliki temperamen biasanya cenderung sulit untuk berbagi dengan orang lain, Bunda.

"Anak ini sangat impulsif dan mempunyai perasaan yang mudah meledak-ledak. Anak tipe ini tidak bisa mengelola emosinya dengan baik, sehingga rasa empatinya pun belum terasah," kata Nurul dikutip dari buku 25 Perilaku Anak dan Solusinya.

"Kondisi ini dapat menyebabkan mereka tidak mampu memandang segala sesuatu dari sudut pandang orang lain, termasuk dalam hal berbagi atau sifatnya menjadi pelit," sambungnya.

Jika anak belum mampu berbagi, maka Bunda enggak boleh memberinya label sebagai anak pelit ya. Selain menyakiti perasaan anak, pemberian label ini juga akan membuat anak cenderung berlaku sesuai dengan label yang didapat.

Untuk mencegah anak menjadi pelit, Bunda bisa melatih anak untuk berempati. Coba berdialog dengan anak dan memberi contoh langsung.

Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang sudah terlanjur pelit dan enggak suka berbagi dengan teman?

Baca halaman berikutnya ya.

TIPS ATASI ANAK PELIT: JELASKAN MANFAAT SEDEKAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi