sign up SIGN UP search


parenting

3 Persiapan Penting Sebelum Mengajari Anak Toilet Training

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 23 Apr 2021 14:08 WIB
Toddler playing with a foam tiled flooring while sitting on a potty. caption

Jakarta - Mengajarkan toilet training pada anak mungkin bukan hal mudah bagi sebagian Bunda. Apalagi, ketika dikenalkan sejak jauh-jauh hari, kegagalan terus saja terjadi. Hmm, kesabaran rasanya jadi diuji banget ya, Bunda.

Jika Bunda telah memutuskan untuk mengajari anak soal kemandirian dengan toilet training, sebaiknya juga siap dengan kegagalan demi kegagalan. Serta lebih sabar menghadapi polah anak-anak.

Sebab, masing-masing anak membutuhkan proses berbeda untuk berhasil toilet training. Pasalnya, tujuan pelatihan toilet training yakni mengajari anak-anak mengenali sensasi yang mereka rasakan di tubuh sebelum mereka benar-benar perlu menggunakan toilet sesungguhnya.


Hal terpenting untuk diingat ialah bahwa pelatihan ini merupakan proses yang bisa saja mengalami kegagalan. Tetapi, tetaplah bersabar dan konsisten melakukannya demi mencapai keberhasilan, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Banner tanaman hias pembawa hoki.Banner tanaman hias pembawa hoki./ Foto: Mia Kurnia Sari

Sebelum memutuskan untuk mengenalkan toilet training, hal awal yang perlu dilakukan yakni bagaimana membiasakan anak dalam menggunakan toilet. Jadi, biarkan anak ikut dengan Bunda ke kamar mandi dan tunjukkan padanya apa yang dilakukan ketika di kamar mandi saat buang air.

Kebanyakan anak sangat senang belajar toilet training. Tunjukkan pada mereka cara kerja menyiram toilet dan cara mencuci tangan. Perhatikan juga tanda-tanda kesiapan dan kegembiraan, seperti bagaimana memberitahu kapan mereka harus buang air kecil atau buang air besar, kemudian meminta mereka untuk menggunakan toilet tersebut.

Ya, toilet training memang bukan tugas yang menakutkan sesungguhnya kok, Bunda. Jika buah hati Bunda benar-benar siap, tentu saja tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Hidup terus berjalan dan suatu hari anak Bunda akan melakukannya dengan baik," ujar Lisa Asta, M.D, seorang profesor pediatri di University of California, San Fransisco, seperti dikutip dari laman Parents.

Apa langkah yang harus dilakukan setelahnya? Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga trik Shiren Sungkar mengajari anak nurut seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



3 KUNCI SEBELUM MENGAJARKAN TOILET TRAINING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi